Susah Buang Air Besar Simak 5+ Penyebab Sulit BAB yang Sering Dijumpai

Susah Buang Air Besar? Simak 5+ Penyebab Sulit BAB yang Sering Dijumpai

Susah Buang Air Besar? jangan pernah anggap remeh peristiwa ini. Sulit BAB merupakan kondisi yang harus kamu ketahui penyebabnya. Tak hanya itu, kamu perlu mengobatinya untuk meminimalisir penyakit yang lebih parah. Lalu apa saja penyebab sulit BAB yang sering dijumpai di Indonesia? Simak 5++ penyebab Susah Buang Air Besar berikut ini.

 

Susah Buang Air Besar

Penyebab Sulit BAB

Susah Buang Air Besar Simak 5+ Penyebab Sulit BAB yang Sering Dijumpai

Susah Buang Air Besar Simak 5+ Penyebab Sulit BAB yang Sering Dijumpai

Di artikel kali ini, admin akan mencoba menguraikan 5+ penyebab BAB tidak lancar. Jika ada tambahan, kamu dapat menulisnya di kolom komentar yah. Sembelit atau umumnya dikenal susah buang air besar ternyata penyebabnya masih banyak tidak disadari oleh orang, khususnya di Indonesia. Banyak orang berasumsi bahwa susah buang air besar akibat kurang makan berserat atau kurang minum air putih, padahal belum tentu seperti itu. Baiklah, langsung ke pembahasan utama, berikut daftar penyebab sulit BAB.

1. Stress

Stress dapat memicu orang untuk susah buang air besar, alasannya faktor psikologis dapat mempengaruhi sistem saraf pada tubuh manusia secara keseluruhan. Contohnya saja pada saat seseorang sedang stres, saraf saraf pada pencernaannya dapat saja terganggu sehingga gerak peristaltik yang terjadi pada usus biasanya tidak terjadi dengan normal. Akibatnya orang yang stres dapat mengalami susah buang air besar atau sembelit.

Jika anda pernah mengalami hal ini, coba lah untuk menenangkan pikiran disaat saat tertentu. Harapannya agar sedikit relax dan mungkin anda dapat buang air besar dengan normal. Sebenarnya memang dengan bantuan obat kita bisa dapat mempermudah buang air besar. Namun masalahnya jika ini anda lakukan maka kedepannya anda akan ketergantungan dengan obat untuk memperlancar buang air besar

Artikel Relevan: Cara Membuat CV yang Bernilai Jual Tinggi

 

2. Tidak Betah Tinggal di Suatu Tempat

Banyak yang bilang jika orang tidak betah di suatu tempat maka biasanya orang tersebut akan susah buang air besar. Asumsi itu menjadi mitos sampai saat ini. Namun meskipun cuman mitos terkadang hal ini ternyata terbukti dan benar, ada orang yang karena tidak betah di suatu tempat maka ia akan susah buang air besar. Kondisi ini bisa juga disebut stres karena tidak nyaman disuatu tempat sehingga memicu sembelit.

 

3. Akibat Salah Makan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadi nya susah buang air besar, ada juga yang jika di konsumsi secara berlebihan dapat memicu buang air besar. Misalnya seperti makanan olahan, kalengan, makanan gorengan. jenis makanan tersebut umumnya membuat buang air besar tidak lancar.

 

4. Kafein

Kafein sebagai Salah Satu Penyebab Sembelit

Kafein sebagai Salah Satu Penyebab Sembelit

Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan dehidrasi, karena memang sifat dari kafein yang memicu pembuangan cairan pada tubuh secara besar besaran. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami susah buang air besar. Untuk itu hindari konsumsi kopi atau teh pekat dalam jumlah yang terlalu banyak.

Baca Juga: Daftar Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja di Perusahaan Besar

 

5. Sering Menahan BAB

Tubuh kita normalnya selalu memberikan tanda pada saat kita akan buang air besar, namun terkadang karena kesibukan pekerjaan sehingga tanda tanda tersebut diabaikan. Lama kelamaan karena sudah terbiasa menahan kita akan terbiasa untuk mengabaikan tanda tanda tersebut dan akhirnya tubuh terlatih dengan sendirinya untuk menahan buang air besar. Kebiasaan orang di perkotaan merasa malu atau risih jika harus buang air besar di kantor, belum lagi kondisi toilet dikantor yang belum tentu bersih, kadang membuat beberapa orang merasa jijik untuk buang air besar di tempat kerja mereka.

 

6. Konsumsi Makanan Minim Serat

Ini adalah alasan yang paling umum dan paling banyak diketahui oleh orang, makanan berserat mudah di cerna oleh tubuh dan memperlancar buang air besar. Ditambah lagi jika sering minum air putih, namun kembali lagi, banyak yang karena kondisi pekerjaannya sehingga mengabaikan hal ini. Sehingga hanya makan makanan olahan, daging, dan kurang minum air putih, tapi minum air bersoda. Hal inilah yang dapat memicu susah buang air besar.

Kiranya admin cukupkan sekian untuk pembahasan Susah Buang Air Besar? Simak 5+ Penyebab Sulit BAB yang Sering Dijumpai semoga dapat menambah pengetahuan teman teman.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *