Mengenal Definisi dan Pengertian Sinar Ultraviolet

Mengenal Definisi dan Pengertian Sinar Ultraviolet

Pengertian Sinar Ultraviolet akan dibahas pada artikel ini. Mungkin saat SD ataupun SMP, kita telah mendengar kata ini. Bahkan, di pembahasan kedokteran, istilah ini sangat sering muncul. Tahukah kalian apa itu sinar ultraviolet? Apa yang dimaksud dengan sinar ultraviolet? lalu apa devinisi sinar ultraviolet yang benar? Jawabannya akan admin ulas secara ringkas disini.

 

Mengenal Sinar Ultraviolet

Pengertian Sinar Ultraviolet

Istilah ultraviolet dapat diartikan sebagai “melebihi ungu” (diambil dari bahasa Latin ultra, “melebihi”), sedangkan akhiran ungu ialah warna dengan panjang gelombang terpendek dibandingkan dengan cahaya sinar tampak lainnya. Beberapa hewan, misalkan burung, serangga, serta reptil mampu melihat hingga mencapai “hampir UV”. Di dunia ini, banyak buah-buahan, benih, serta bunga yang terlihat lebih jelas oleh manusia, dibanding dengan contoh hewan tadi.

Mengenal Definisi dan Pengertian Sinar Ultraviolet

Mengenal Definisi dan Pengertian Sinar Ultraviolet

Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris: ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380–200 nm) dan UV vakum (200–10 nm). Dalam pembicaraan mengenai pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380–315 nm), yang juga disebut “Gelombang Panjang” atau “blacklight”; UVB (315–280 nm), yang juga disebut “Gelombang Medium” (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut “Gelombang Pendek” (Short Wave).

Rumit bukan? Singkatnya sinar ultraviolet ialah bagian dari sinar matahari yang memiliki gelombang terpendek. Beberapa jenis ultraviolet dapat merusak kulit manusia. Namun, ultraviolet juga dapat berfungsi bagi kehidupan manusia, terutama di bidang kedokteran. Untuk referensi lengkap mengenai sinar ultraviolet ini, kamu bisa membaca lengkap pada link sinar ultraviolet berikut ini yah.

Sekian bahasan admin mengenai Definisi dan Pengertian Sinar Ultraviolet semoga dapat bermanfaat.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *