5+ Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang Wajib Kamu Jauhi

5+ Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang Wajib Kamu Jauhi

Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang akan admin bahas ini, harus kamu praktekkan. Selain untuk menjaga kesehatanmu, juga untuk membiasakan pola hidup sehat. Agar nanti saat kita berumur senja, tidak ada penyakit berbahaya, khususnya penyakit tulang punggung. Beberapa waktu lalu, admin sempat membahas artikel bisnis, dan artikel pendidikan. Kali ini, admin akan membahas artikel kesehatan. Buat kalian yang ingin mengirimkan artikel, sangat diperbolehkan kok. Kamu dapat mengirimnya ke alamat email: anakunhas.com@gmail.com. Baiklah, langsung ke pembahasan utama saja.

 

Kebiasaan Berbaya bagi Punggung

Jika berbicara soal punggung, tentu sangat erat kaitannya dengan kesehatan tulang. Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit atau nyeri punggung, bahu atau leher kita. Terkadaung tanpa disadari ada aktivitas kita yang memang sangat berbahaya terutama bagi tulang punggung. Berikut ini adalah hal hal umum yang dapat membuat punggung anda bermasalah.

1. Sering Membungkuk

5+ Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang Wajib Kamu Jauhi

5+ Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang Wajib Kamu Jauhi

Kebiasaan berbahaya bagi punggung yang pertama ialah seringnya membungkuk dalam setiap keadaan. Beraktivitas seperti memakai sepatu, berkebun, sikat gigi di wastafel, atau bekerja sambil membungkuk dapat melemahkan cakram tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan prolaps disk. Jika ini terjadi maka untuk mengatasi rasa nyerinya coba lah dengan berbaring 5-10 menit dengan bersandar pada lengan.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah yang Sulit Difahami

2. Memakai Laptop Tanpa Mouse

Terkadang tanpa kita sadari karena hanya memikirkan simple nya berkaktifitas maka kita mengenyampingkan penggunaan mouse sebagai alat bantu saat bekerja di laptop. Dengan menggunakan touchpad secara tidak langsung membuat posisi bahu dan leher menjadi lebih tertarik kedepan. Begitu pula jika menggunakan touchpad dan dilakukan sambil tiduran disofa maka akan memberikan tekanan keras pada punggung dan juga tulang belakang.

3. Salah Posisi saat Angkat Beban

Terkadang karena ingin cepat kita langsung membungkuk untuk mengangkat barang barang. jika salah posisi ini akan mengakibatkan bagian pungung kita terkilir. Untuk mengatasinya, biasakan saat akan mengangkat barang berat jangan langsung membungkuk, tapi berjongkok atau berlututlah dulu, kemudian angkat lah dengan posisi badan tidak terlalu membungkuk.

4. Berkendara Jarak Jauh

Berkendara Jarak Jauh Sebagai Contoh Kebiasaan Buruk Bagi Tulang Punggung

Berkendara Jarak Jauh Sebagai Contoh Kebiasaan Buruk Bagi Tulang Punggung

Jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil memang akan menguras tenaga, dalam waktu lama akan mempengaruhi postur punggung karena akan tertekan oleh kursi dalam waktu yang lama. Jika memang melakukan perjalanan jauh sebaiknya sediakan sandaran kepala saat menyetir mobil, untuk memasikan postur tubuh yang baik saat menyetir.

5. Merokok

American Journal of Medicine menuturkan perokok khususnya yang berusia muda sekitar 31 persen lebih mungkin menderita sakit punggung. Ini karena rokok bisa merusak sirkulasi darah sehingga asupan ke tulang belakang yang berfungsi memelihara cakram dan sendi berkurang. Selain itu bahan kimia dalam rokok, juga mengurangi kepadatan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis dan seringkali mempengaruhi tulang belakang, serta rokok mempercepat degenerasi diskus.

Artikel Terkait: Selalu Ditolak Saat Melamar Pekerjaan? Jauhi Kebiasaan Berikut Ini!!!!

6. Mengkonsumsi Banyak Makanan Berlemak

Kelebihan lemak di sekitar bagian tengah tubuh dapat membuat punggung terganggu dimana punggung tidak mendapatkan dukungan yang baik dari otot perut. padahal semsetinya otot otot perut harus mendukung punggung bawah dan memberikan stabilitas. Jika anda memiliki lemak berlebih sebaiknya lakukan aktivitas fisik seperti berjalan, bersepada, atau berenang untuk membakar lemak berlebih pada tubuh.

Bagaimana? Bisa mengurangi 6 kebiasaan buruk bagi tulang diatas bukan? Tetap jaga kesehatan, dan semoga artikel 5+ Kebiasaan Berbahaya bagi Punggung yang Wajib Kamu Jauhi dapat bermanfaat.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *