Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia

Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia

Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia menarik untuk admin bahas. Selain karena banyak di gunakan di Indonesia, cek merupakan alat pembayaran yang unik. Di zaman dahulu, sebelum berkembangnya teknologi dan banyaknya ATM,  cek merupakan alat pembayaran yang banyak digunakan. Umumnya pengguna cek ialah pengusaha besar ataupun pemilik transaksi besar. Untuk mencairkannya, penerima harus datang ke bank pembuat cek untuk mencairkannya. Tahukah kalian, bahwa cek dibagi menjadi beberpa jenis? Jika belum, simak pembagiannya berikut ini.

 

Jenis Cek di Indonesia

Cek ialah wakat yang berupa bukti ataupun perintah dari nasabah pemberi tanda tangan kepada bank. Pemberi cek dapat melakukan transaksi untuk melakukan pembayaran kepada pihak tertentu dengan menyerahkan cek yang berisi nominal uang. Berikut pembagian jenis cek di Indonesia.

Berdasarkan Cara Penyerahan

Berdasarkan cara penyerahannya, cek terbagi menjadi 3, yaitu:

Cek “atas nama” dengan Endosemen

Contoh Cek Atas Nama sebagai Salah Satu Jenis Cek yang Beredar di Indonesia

Contoh Cek Atas Nama sebagai Salah Satu Jenis Cek yang Beredar di Indonesia

Jenis cek yang pertama ini merupakan cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut. Sebagai contoh jika didalam cek tertulis perintah bayarlah kepada : Mr. Udin sejumlah Rp 10.000.000,- atau bayarlah kepada PT. Bloggermaju uang sejumlah Rp 25.000.000,- maka cek inilah yang disebut dengan cek atas nama, namun dengan catatan kata “atau pembawa” dibelakang nama yang diperintahkan dicoret.

 

Cek “atas nama” dengan Tambahan Klausul “atau penggantinya” dengan Endosemen

Sama seperti point No .01 namun atau pembawanya tidak di coret.

 

Cek “kepada pembawa” dengan Penyerahan Fisik

Merupakan cek yang diterbitkan tanpa nama dengan artian siapaun pembawa cek tersebut dapat mencairkan cek tersebut.

Artikel Terkait: Cara Membuat CV yang Menarik dan Bernilai Jual Tinggi

 

Istilah Istilah pada Cek

Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia

Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia

Ada beberapa istilah mengenai jenis jenis cek yang umum digunakan, berikut beberapa diantaranya.

Cek Kosong

Cek kosong merupakan sebuah cek yang dananya tidak tersedia dalam rekening giro. contohnya : PT. Info Perbankan Menerima sebuah cek untuk pembayaran sebesar Rp. 17.000.000,- dan pada saat akan di cairkan ternyata saldo pada rekening giro cek tersebut kosong atau kurang dari jumlah yang tertera dalam cek. cek kosong ini biasanya menyebabkan bank memberikan SP1 kepada pemilik rekening giro dengan ketentuan minimal 3 bulan harus ada penyetoran ke rekening giro tersebut. selain itu menurut ketentuan Bank Indonesia apabila terjadi 3x penarikan cek kosong maka pemilik rekening giro tersebut akan masuk Black list (Daftar Hitam) bank Indonesia.

Cek Mundur

Merupakan Cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal sekarang. contohnya : hari ini tanggal 12 April 2011 PT. Info Perbankan bermaksud melakukan pembayaran kepada Mr. joko, pada tanggal cek PT. Info Perbankan mencantumkan tanggal 20 april 2011 yang artinya cek tersebut baru berlaku atau dapat di cairkan pada tanggal 20 april 2011 atau sesudahnya, cek mundur ini biasanya dikarenakan adanya kesepakatan sebelumnya oleh pihak pemberi cek dengan pihak penerima cek dengan alasan saldo pada rekening giro belum mencukupi untuk pembayaran cek tersebut.

Cek Silang (crossed cheque)

Merupakan sehelai cek yang di beri dua garis miring yang sejajar pada bagian muka cek tersebut. Dengan demikian cek yang di beri dua garis silang akan merubah fungsi cek yang semulanya tunai menjadi pemindahbukuan atau penyerahan tunai tidak di akui. Cek silang iniada dua macam.

  • Cek silang umum: cek silang yang di tengah dua garis sejajar tertulis kata BANK saja atau BANKIR saja atau KOSONG saja.
  • Cek silang Khusus : merupakan cek silang yang ditengah dua garis sejajar hanya di tulis nama banker tertentu atau nama nasabah tersangkut yang sudah tertentu.

Cek Artikel Terkait: Definisi Sinar Ultraviolet yang Sering Digunakan di Bidang Kedokteran

Sekian bahasan admin mengenai Mengenal 3 Jenis Cek yang Biasa Digunakan di Indonesia semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *