Manfaat Secang, Fungsi serta Kelebihan Tanaman Sepang

Manfaat Secang bagi Kesehatan amatlah banyak. Namun pada artikel ini, admin tidak akan membahas semuanya. Pada postingan kali ini admin akan berbagi tentang beberapa manfaat kayu secang. Sebelum membahas lebuh jauh, perlu anda ketahui bahwa secang memiliki berbagai nama. Tiap daerah mempunyai nama tersendiri untuk tumbuhan kesehatan ini.

Mengenal Secang

Jika kamu berada di daerah suku Gayo , bugis, sasak maka mereka menyebutnya dengan sepang. Juga dikenal dengan roro (tidore). Kayu Secang adalah pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan (kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah. Pohon Secang bagian-bagiannya mengandung senyawa anti-bakteri dan memiliki sifat anti-koagulan (anti-penggumpalan).

Manfaat Tumbuhan Secang

Jika anda tidak memiliki pohon atau tumbuhannya dan ingin menggunakannya, alangkah baiknya beli kayu secang di tempat tempat semisal warung jamu, atau obat herbal. Oke langsung saja kita menuju ke bagian manfaatnya:

Khasiat dari Secang ialah sebagai berikut:

  • obat mencret, Untuk obat mencret dipakai sekitar 5 gram kayu kering, dipotong kecil-kecil, lalu direbus dengan dua gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring.
  • obat batuk, dan
  • obat luka
Manfaat Secang, Fungsi serta Kelebihan Tanaman Sepang
Manfaat Secang, Fungsi serta Kelebihan Tanaman Sepang

Selain buahnya yang dapat dimanfaatkan, ternyata ada hal lain yang dapat berfungsi dari tumbuhan ini, yaitu kulit kayu secang. Kulit kayu secang juga dimanfaatkan sebagai sumber pewarna merah karena menghasilkan brazilin, sebagaimana kayu brazil dan kerabat-kerabat dekatnya, meskipun warnanya tidak sekuat kayu brazil. Pewarna ini dipakai untuk cat, pakaian, dan minuman penyegar khas Yogyakarta selatan (wedang secang dan wedang uwuh).

Tanpa pernah kita sadari ternyata pohon secang / tanaman secang ini memiliki berbagai macam khasiat dan kegunaan. Sekian artikel Mengenal Secang, Manfaat serta Kelebihan Tanaman Sepang, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *