Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Perbedaan Strategi dan Taktik dari Segi Bisnis

Posted on | April 3, 2012 | No Comments

Sering kita mendengar kata strategi dan taktik, dimana sekilas seperti memiliki makna yang sama, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, terutama dari persepsi bisnis.

Pengertian yang paling sederhana adalah :

Strategi adalah …
Saat dimana kita memutuskan, apa yang harus di kerjakan.

Taktik adalah …
Saat dimana kita memutuskan, bagaimana mengerjakan sesuatu.

Peter Drucker, yang merupakan Profesor manajemen pemasaran memberi pengertian kepada strategi dan taktik yaitu :

Strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar
( Doing the right Things ).

Taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar
( Doing the thing Right ).

Dari beberapa definisi diatas, maka dapat diberikan pengertian bahwa taktik merupakan rentetan dari pelaksanaan pekerjaan dari suatu strategi, agar dapat mencapai tujuan.

Sedangkan strategi adalah penjabaran arah yang akan ditempuh perusahaan atau organisasi pada masa yang akan datang.

Strategi yang merupakan berasal dari bahasa Yunani yaitu strategos merupakan faktor terpenting dalam proses perencanaan.

Strategi memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

Meliputi unsur-unsur sasaran terpenting yang akan di capai dan kebijakan-kebijakan yang penting untuk mewujudkan sasaran atau tujuan yang akan di capai.
Mengutarakan sesuatu yang tidak dapat diduga atau diketahui.

Jadi strategi adalah sangat penting di buat oleh perusahaan atau organisasi, karena perencanaan strategi dibuat secara matang oleh para top manajemen, lalu hasil rumusan strategi tersebut di laksanakan secara bersama-sama dan di sosialisasikan kepada seluruh jajaran manajemen dan staf  agar tujuan perusahaan dapat tercapai serta visi dan misi dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Ch@​​™
pin: 21EF6D92
Powered by Telkomsel BlackBerry®

sumber : dicopas dari milis alumni unhas

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

pengertian sel anakan - artikel sasaran perusahaan - strategi dan taktik perusahaan - taktik perusahaan - sasaran perusahaan - perbedaan strategi dan taktik dalam manajemen strategik dan contohnya - sasaran perusahaan asuransi - pengertian anakan - artikel taktik dan strategi perusahaan - pengertian taktik - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats