Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

metode pengumpulan data

Posted on | April 18, 2012 | No Comments

Metode pengumpulan data melalui perkiraan koresponden

dalam hal ini para koresponden diminta untuk memberikan informasi yang diperlukan kepada pengamat, ada kemungkinan bahwa koresponden berat sebelah.

karena para koresponden, baik langsung maupun tidak langsung, tidak mempunyai kepentingan dalam penyelidikan, ada kemungkinan , bahwa mereka tidak memperdulikan apakah informasi yang diperolehmereka benar atau tidak. data data angka yang diberikan mereka mungkin saja hanya merupakan perkiraan-perkiraan.

namun dibalik itu semua metode ini memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • metode ini merupakan metode yang sangat murah
  • metode ini dapat meliputi daerah yang sangat luas

kekurangan dari metode ini adalah data yang dikumpulkan selalu kurang teliti

Metode pengumpulan data melalui daftar pertanyaan (quisioner)

Dalam hal ini daftar pertanyaan disampaikan kepada orang-orang yang mungkin memiliki fakta-fakta dan atau angka angka, yang di jadikan sumber penyelidikan, Metode pengumpulan data ini, melaluidaftar perntaaan dapat meliputi daerah pengamatan yang luas dibanding dengan metode melalui pengamatan sendiri secara langsung.

kelebihan metode ini :

  • metode ini adalah metode yang lebih murah bida dibandingkan dengan metode wawancara pribadi secara langsung.
  • Data dapat dikumpulkan secara cepat.

kekurangan metode ini :

adalah bahwa informasi-informasi mungkin tidak mengembalikan daftar pertanyaan atautidak menjawabsemua pertanyaan. untuk mengatasi hal ini maka pertanyaan-pertanyaan haurs dibuat sesederhana mungki, mudah di mengerti, dan apabila perlu diberi penjelasan.

Metode pengumpulan data melalui pengamatan sendiri secara langsung

dalam hal ini pengamat sendiri yang mengumpulkan data. ia mempelajari catatan-catatan yang telah ada. karena ia mengetahui data data apa yang harus dikumpulkan, dari mana data data tersebut haru dikumpulkan, maka ia dapat mencari dan menenmukan informasi yang diperlukannya.

kelebihan metode ini:

data data yang dikumpulkan, akan lebih cermat karena pengamat sendiri yang mengumpulkan data tersebut

kekurangan metode ini :

  • daerah pengamatan tidak dapat luas karena pengamat tidak dapat menyediakan waktu banyak untuk pengumpulan data
  • metode ini berbiaya mahal
  • metode ini tidka dapat dilakkan apabila banyak hal yang harus diselidiki.

metode pengumpulan data melalui wawancara

apabila wawancara ini meliputi daerah yang sangat luas, mustahil bagi pengambat untuk melaksanakannya sendiri. Oleh karena itu,, ia harus mewakilkan kepada orang -orang lain untuk mengadakan wawancara dengan orang – orang yang mungkin mempunyai informasi yang diperlukan, dengan cara demkian, pengambat dapat melakukan pengamatan dalam daerah yang luas, metode ini merupakan semacam pengambatan pribadi yang dilakukan secara tidak langsung.

dengan metode ini ketelitian penyelidikan semuanya akan bergantung pada orang orang yang diwawancarainya saja. apakah mereka mempunia kepentingan atau tidak dengan hasil pengamatam, orang orang langsung atau tidak langsung mempunyai kepentingan dengan hasil sensus sehingga meereka memberikan jawaban yang benar.

kelebihan metode ini :

  • data yang dikumpulkan akan lebih teliti karena dikumpulkan sendiri.
  • pengambatan dapat dilakukan dalam daerah yang luas dan atas dasar prinsip angka yang banyak, hasilnya akan lebih cepat.
  • data dikumpulkan sendiri oleh pengamatmeskipun secara tidak langsung atau melalui wakil wakilnya

kekurangan metode ini :

  • metode ini merupakan metode yang mahal karena harus banyak wakil yang ditunjuk pergi ke berbagai tempat untukmengumpulkan data.
  • Meskipun data dikumpulkan oleh wakil wakil nya scecara pribadi kalau mereka mempunyai pendapat yang kabur, fakta-fakta yang dikumpulkamn ada kemungkinan tidak teliti.

Dalam prakteknya sering dipergunakan gabungan dari dua metode atau lebih, misalnya metode pengamatan sendiri secara langsung dengan metode wawancara, atau metode daftar pertanyaan, dengan metode wawancara. Metode wawancara sering dipergunakan apa bila dengan metode lainnya, data yang dikumpulkan kurang atau tidak teliti.

referensi bunga rampai, sistem informasi managemen dan pengambilan keputusan [Drs. Petrus Beda)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

metode pengumpulan data - pengertian perkiraan koresponden - perkiraan koresponden - metode pengumpulan data perkiraan koresponden - metode pengumpulan data perkiraan poreponden - perkiraan koresponden dalam metode pengumpulan data - contoh perkiraan koresponden - kekurangan dan kelebihan metode perkiraan pengumpulan data - Kelebihan dan kerugian perkiraan koresponden - kelebihan dan kekurangan metode pengumpulan data perkiraan - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats