Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

pertanyaan sulit yang sering muncul saat interview

Posted on | February 19, 2012 | No Comments

ilustrasi

Menjadi freshgraduate pastilah dialami oleh setiap mahasiswa, namun anda tidak usah khawatir kalah bersaing dengan orang orang yang berpengalaman, dalam hal ini ada hal hal penting saat kamu melakukan apply pekerjaan, yang pasti adalah strategi, strategi dalam hal ini adalah banyak belajar mengenai trik trik wawancara, dan meyakinkan pewawancara.

jika kamu mengetahui dengan baik trik saat wawancara maka kamu akan melaluinya dengan sangat baik, setidaknya terhindar dari kesan freshgraduate banget, atau gugup saat wawancara.

nah salah satu yang akan kami bahas disini adalah pertanyaan sulit yang paling sering muncul saat seseorang interview, dari berbagai sumber yang kami coba himpun ada 3 pertanyaan yang sebenarnya simple tapi ternyata cukup sulit untuk dijawab oleh freshgraduate seperti anda dan bahkan orang yang berpengalaman sekalipun.

Ketiga pertanyaan tersebut, meliputi kemampuan, motivasi, dan kesesuaian. nah berkut ini adalah tiga pertanyaan mendasar tersebut serta bagaimana cara menjawab agar mampu meyakinkan pewawancara. Demikian seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (18/2/2012).

Pertanyaan pertama ; apakah kamu mampu melakukan pekerjaan tersebut?

Melalui pertanyaan yang diajukan ini, wakil dari perusahaan berusaha mencari tahu kekuatan yang kamu miliki. Penilaian wawancara dengan menggunakan pertanyaan ini bukan hanya dilihat dari sisi kemampuan akademis saja, tapi bagaimana kamu memiliki soft skill seperti kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Jadi saat kesempatan wawancara seperti ini, dan kamu dapat menjelaskan secara rinci dan detail tentang pengalaman berorganisasi atau mungkin proyek yang pernah kamu ikuti misalnya saat PKL (praktek kerja lapangan). Pada saat ini nilai kejujuran kamu juga di nilai, mimik kamu akan sangat mudah terbaca oleh pewawancara. jadi ceritakan dengan terus terang saja sekalipun mungkin kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya belum berhasil. kenapa? ini karena mereka juga ingin mengetahui bagaimana kamu dapat bangkit dari setiap hambatan dan kegagalan yang kamu temui.

Pertanyaan kedua, akankah kamu mencintai pekerjaan tersebut?

Pertanyaan ini lebih mengacu bagaimana kamu dapat memotivasi diri kamu, saat kamu mengalami kejenuhan / bosan dalam bekerja atau saat kamu terjebak dalam bidang atau bagian pekerjaan yang sebetulnya tidak kamu sukai.

saat pertanyaan ini dijawab oleh karyawan, maka wakil dari perusahaan akan memberi nilai lebih bagi calon karyawan yang mampu memberikan jawaban yang mengambbarkan kamu termotivasi untuk bekerja keras dan menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan kepada kamu. saat pertanyaan ini kamu jawab jelaskan kepada pewawancara bagaimana kamu dapat mengatasi berbagai macam kondisi pekerjaan, baik dari rekan-rekan kerja maupun dari pekerjaan itu sendiri. memang akan sangat sulit dijawab oleh seorang freshgraduate, tapi jika kamu pernah aktif berorganisasi dengan baik, maka pertanyaan ini bukanlah menjadi momok yang harus kamu takuti, justru kamu bisa menjelaskan dari pengalaman organisasi yang pernah kamu lakukan, setidaknya jawaban kamu dapat relevan dengan target pewawancara dari pertanyaan tersebut.

Pertanyaan ketiga, yaitu apakah kami mampu bertoleransi saat bekerja dengan kamu?

Ketika wawancara, biasnya setiap perusahaan selalu menjelaskan alur kerja serta sistem kerja di perusahaan tersebut. Melalui pertanyaan ini, wakil perusahaan biasanya berusaha mencari tahu siap tidaknya kamu untuk menyesuaikan diri dengan aturan, kondisi dan budaya yang berlaku di perusahaan tersebut.

pertanyaan ketiga ini tentunya akan mudah kamu jawab jika kamu tenang, cukup yakinkan kepada pewawancara bahwa kamu adalah calon karyawan yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai budaya kerja serta bagaimana kamu dapat bekerja secara individual dan kerja tim, tapi ingat latih jawaban kamu agar kesannya tidak mengada ngada, karena pewawancara yang kamu hadapi adalah orang profesional yang punya banyak trik untuk menjebak dari setiap jawaban yang kamu keluarkan.

okey anakunhas Semoga sukses saat wawancara kerja

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

pertanyaan wawancara pkl - Contoh interview pkl - interview pkl - pertanyaan yang saling muncul saat wawancara kerja - pertanyaan yang sering muncul saat interview - pertanyaan yang saling muncul saat interview - pertanyaan yang sering muncul pada saat interview - contoh pertanyaan dalam mewawancarai pkl - pertanyaan yang saling muncul dalam interview - pertanyaan sulit interview - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats