Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Jenis Jenis Cek

Posted on | February 25, 2012 | 1 Comment

Cek adalah wakat berupa bukti perintah dari nasabah kepada bank yang di tanda tangani langsung oleh nasabah yang akan melakukan transaksi, untuk melakukan pembayaran sejumlah uang tertentu kepada seseorang atau pihak tertentu atau yang ditentukan oleh nasabah tersebut atau kepada pembawa cek tersebut.

Jenis Cek berdasarkan cara pengalihan/penyerahan adalah sebagi berikut :

  • Cek “atas nama” dengan endosemen : Merupakan cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut. Sebagai contoh jika didalam cek tertulis perintah bayarlah kepada : Mr. Udin sejumlah Rp 10.000.000,- atau bayarlah kepada PT. Bloggermajumaju uang sejumlah Rp 25.000.000,- maka cek inilah yang disebut dengan cek atas nama, namun dengan catatan kata “atau pembawa” dibelakang nama yang diperintahkan dicoret.
  • Cek atas nama dengan tambahan klausul “atau penggantinya” dengan endosemen : Sama seperti point No .01 namun atau pembawanya tidak di coret.
  • Cek “kepada pembawa” dengan penyerahan fisik : Merupakan cek yang diterbitkan tanpa nama dengan artian siapaun pembawa cek tersebut dapat mencairkan cek tersebut.

Cek Kosong
Cek kosong merupakan sebuah cek yang dananya tidak tersedia dalam rekening giro. contohnya : PT. Info Perbankan Menerima sebuah cek untuk pembayaran sebesar Rp. 17.000.000,- dan pada saat akan di cairkan ternyata saldo pada rekening giro cek tersebut kosong atau kurang dari jumlah yang tertera dalam cek. cek kosong ini biasanya menyebabkan bank memberikan SP1 kepada pemilik rekening giro dengan ketentuan minimal 3 bulan harus ada penyetoran ke rekening giro tersebut. selain itu menurut ketentuan Bank Indonesia apabila terjadi 3x penarikan cek kosong maka pemilik rekening giro tersebut akan masuk Black list (Daftar Hitam) bank Indonesia.

Cek Mundur
Merupakan Cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal sekarang. contohnya : hari ini tanggal 12 April 2011 PT. Info Perbankan bermaksud melakukan pembayaran kepada Mr. joko, pada tanggal cek PT. Info Perbankan mencantumkan tanggal 20 april 2011 yang artinya cek tersebut baru berlaku atau dapat di cairkan pada tanggal 20 april 2011 atau sesudahnya, cek mundur ini biasanya dikarenakan adanya kesepakatan sebelumnya oleh pihak pemberi cek dengan pihak penerima cek dengan alasan saldo pada rekening giro belum mencukupi untuk pembayaran cek tersebut.

Cek silang (crossed cheque)
Merupakan sehelai cek yang di beri dua garis miring yang sejajar pada bagian muka cek tersebut. Dengan demikian cek yang di beri dua garis silang akan merubah fungsi cek yang semulanya tunai menjadi pemindahbukuan atau penyerahan tunai tidak di akui. Cek silang iniada dua macam.

  • Cek silang umum: cek silang yang di tengah dua garis sejajar tertulis kata BANK saja atau BANKIR saja atau KOSONG saja.
  • Cek silang Khusus : merupakan cek silang yang ditengah dua garis sejajar hanya di tulis nama banker tertentu atau nama nasabah tersangkut yang sudah tertentu

sumber : http://infoperbankan.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-cek-dan-bg.html

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

contoh cek kosong - contoh cek atas nama - gambar cek kosong - macam macam cek dan pengertiannya - macam-macam cek - gambar cek atas nama - macam macam cek - contoh cek bank - contoh cek kosong bank - contoh gambar cek kosong - 

Comments

One Response to “Jenis Jenis Cek”

  1. Jenis-Jenis Cek | novingah96
    May 16th, 2014 @ 1:43 am

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats