Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Interaksi Antar komponen dalam organisme kehidupan

Posted on | February 24, 2012 | No Comments

1. Organisme kehidupan

tingkat organisasi kehidupan dimulai dari populasi hingga tingka organisasi terbesar yaitu biosfer

a. Populasi

Populasi adalah kelompok mahluk hidup dari suatu spesies yang menempati areal tertentu. habitat adalah tempat hidup suatu organisme, jumlah populasi dari suatu habitat dapat berubah-ubah, hal ini disebabkan, antara lain :

  • Persaingan memperoleh makanan,
  • pasangan hidup,
  • tempat berlindung

Faktor lain yang dapat mempengaruhi jumlah populasi adalah faktor abiotik, seperti suhu dan cahaya.

b. Komunitas

Komunitas adalah populasi dari berbagai macam spesies yang menempati suatu habitat tertentu dan saling mempengaruhi, baik langsung mapun tidak langsung.

c. Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu kesatuan ekologi. Dalam ekosistem terjadi interaksi antara komunitas dan lingkungan abiotik termasuk senyawa anorganik.

Komponen penyusun ekosistem :

Produsen : yang teridir dari tumbuhan hijau,

Konsumen : pemakan tumbuhan atau hewan lainnya

pengurai : yang berfungsi menguraikan mahluk hidup yang telah mati

d. Biosfer

Biosfer merupakan bagian bumi dan atmosfer tempat organisme hidup, dalam biosfer semua komponan ekosistem, yakni faktor abitok dan biotik dari berbagai ekosistem saling berinteraksi, sehingga pemanfaatan energi secara optimal dan daur ulang materi dapat berlangsung.

2. Interaksi Antar individu dalam suatu populasi

Dalam kehidupan setiap individu memerlukan individu lainnya baik dari species yang sama atau pun dari spesies yang berbeda.

Individu suatu jenis mahluk hidup berkelompok membentuk populasi, sehingga terjadi interaksi antar individu.

Bentuk interaksi antar individu, antara lain :

  • Kerjasama ; misalnya semut yang bergotong royong mengumpulkan makanan atau mengangkat sumber makanan
  • Kompetisi (persaingan). misalnya kucing memperebutkan makanan, atau memperebutkan pasangan.

3. Interaksi antar populasi dalam suatu komunitas

Dalam suatu komunitas terdapat populasi tumbuhan hijau sebagai produsen dan populasi hewan sebagai konsumen, serta populasi bakteri dan fungi saproba sebagai pengurai. Interaksi dalam komunitas dapt terjadi antarpopulasi dalam suatu spesies atau antar populasi dalam spesiies yang berbeda.

tujuan mempelajari interaksi yang terjadi pada berbagai organisasi kehidupan adalah agar kita dapat bersikap lebih bijaksana terhadap lingkungan yang berada disekitar kita. sikap tersebut antara lain :

  • Menggunakan metode pengendalian secara biologi dalam pemberantasan hama
  • melakukan penanaman secara tumpang sari
  • memperhitungkan daya dukung dalam rangka pengoptimalan produksi
  • Menjaga keselarasan didalam ekosistem, dengan demikian keseimbangan ekosistem tetap terjaga
-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

interaksi antar komponen dalam lingkungan - tujuan interaksi antar organisme - interaksi antar populasi - komponen lingkungan dan interaksi antar komponen dalam lingkungan - INTERAKSI ANTAR KOMPONEN - komponen individu - interaksi antar komponen dalam ekosistem - komponen penyusun biosfer - tujuan interaksi antar organisme dalam suatu komunitas - tujuan interaksi antar organisme dalam komunitas - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats