Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

pembagian proses produksi perusahaan manufaktur berdasarkan sifatnya

Posted on | January 10, 2012 | No Comments

pembagian proses produksi menurut sifatnya, termasuk pula ke dalam cakupan dari pengertian perusahaan manufaktur. pembagian  proses tersebut dibagi atas lima beberapa bagian sebagai berikut :

  • Proses ekstraktif
  • Proses fabrikasi
  • Proses sintetik
  • Proses analitik
  • Proses perakitan atau assembling

berikut ini penjelasan dan contoh dari masing masing proses tersebut diatas

Proses ekstraktif

Proses ekstraktif merupakan proses produksi yang pengerjaannnya dimulai dari bahan mentah. Mungkin Anda masih meganggap sama antara bahan mentah dan bahan baku. Namun pada intinya, bahan mentah lebih mengacu pada entitas yang masih berada di alam.

Contohnya adalah batu bara, bijih besi, bijih emas, minyak mentah, dan lain sebagainya. Sedangkan bahan baku merupakan entitas yang sudah diambil dari alam yang kemudian diolah dalam proses produksi. Semisal adalah gelondongan kayu dari hutan dan lembar-lembar kain sutra.

Proses fabrikasi

Proses fabrikasi atau proses pengubahan adalah suatu proses yang mengubah bentuk bahan baku menjadi barang jadi. Pengubahan yang dilakukan itu biasanya menggunakan mesin, gergaji, pisau, dan lain lain. Contoh dari proses fabrikasi ini adalah proses pembuatan sepatu, mebel, celana, topi, tas, dan lain sebagainya.

Proses sintetik

Proses sintetik merujuk pada pengkombinasian beberapa bahan atau unsur menjadi satu bentuk produk baru yang berbeda dari bahan-bahan bakunya. Contohnya adalah pengolahan produk baja dan kaca.

Proses analitik

Proses analitik adalah proses memisahkan suatu bahan menjadi beberapa macam produk yang mirip dengan bentuk aslinya. Termasuk dalam proses analitik adalah pemisahan minyak mentah menjadi bensin, minyak tanah, solar, dan yang lainnya.

Proses perakitan atau assembling

Contoh dari proses perakitan ini adalah perakitan berbagai macam bahan menjadi mobil, radio, televisi, komputer, dan lain lain. Dalam perakitan tersebut terlihat bahwa bentuk asli atau bahan bakunya tidak dirubah susunan kimiawinya.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

proses produksi perusahaan manufaktur - pengertian ekstraktif - proses produksi berdasarkan sifatnya - pengertian mesin gergaji - pembagian proses produksi - proses sintetik - proses produksi menurut sifatnya - pengertian proses ekstraktif - proses ekstraktif - pembagian produksi - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats