Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

moko, mobil kebanggaan sulawesi selatan

Posted on | January 15, 2012 | 2 Comments

unitnya belum banyak dan masih dalam tahap pra pengembangan, namun biar bagaimana pun mobil moko sudah menjadi simbol kebangkitan industri mobil lokal, khususnya di Makassar.

Unhas pun melalui Pembantu Rektor III Prof Dr. Nazaruddin Salam, MT dan dekan fakultas Teknik Dr Ing Ir Wahyu H Piarah MS. ME telah bertemu dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di rumah jabatan Gubernur, untuk memasukkan usulan pengembangan mobil moko jauh lebih baik lagi, bahkan direncanakan akan di buat versi mobil tenaga matahari.

memang dalam hal ini mobil moko masih banyak kekurangan, tiga komponen utama yang masih kurang  adalah mesin, chasis dan interior masih jauh kalah dengan mobil komersil buatan jepang atau eropa. Mobil moko memakai mesin 2 silinder 4 tak, ini pun masih boros, setirnya belum powersteering jadi masih berat untuk diputar. nah disini lah peran Unhas nantinya yang siap untuk membantu pengembangan mobil tersebut, salahsatunya bodi akan dibuat lebih aerodinamis agar adya hambat bisa dikurangi.

tentunya ini menjadi tantangan baik buat Unhas dan produsen mobil moko, harga yang dipatok berkisar 50 sampai 60 juta memang masih sangat miring, tapi jika dari segi kualitas masih belum dapat mengimbangi mobil buatan jepang atau eropa maka konsumen masih dapat lari ke mobil produksi jepang second (bekas). ini tidak bisa di hindari, karena memang pangsa pasar mobil bekas juga masih banyak, dan dukungan support onderdil yang masih lengkap.

contohnya saja sebuah minibus produksi jepang, dengan kondisi 60jt rupiah saat ini kita sudah bisa mendapatkannya dengan kondisi pemakaian 5 tahun. dengan dukungan onderdil yang lengkap, mobil tersebut bisa disulap seperti baru kembali oleh pemiliknya.

lalu bagaimana dengan moko? moko harus jauh lebih siap menyikapi hal ini. Kami salut dengan gubernur Sulsel Bpk Syahrul Yasin Limpo yang tidak pernah berkecil hati terhadap pengembangan mobil tersebut. kami warga Makassar berharap banyak, semoga pengembangan mobil moko kedepannya jauh lebih baik lagi. Unhas sebagai Almamater kami juga dapat berperan terhadap pengembangan tersebut.

bagaimana Anak Unhas? siap?….. jawabannya dari anda sendiri…

berikut video mobil moko sulsel :

untuk sebagai inspirasi coba cek mobil rakitan kamboja berikut :

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

peranan jamur yang menguntungkan - mobil buatan sulawesi - Peniciliium noJaJum dan Penicillium chrysogenum - moko sulawesi - khamir yang menguntungkan dan merugikan - moko sulsel - mobil moko harga - perbedaan rhizopus dan mucor - saprolegnia parasit organisme air - mobil moko sulawesi selatan - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats