Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

jenis jenis tensimeter

Posted on | December 17, 2011 | 2 Comments

secara garis besar tensimeter dibagi atas 2 macam :

Tensimeter air raksa : merupakan tensimeter konvensional yang diluar negeri sudah tidak boleh digunakan lagi karena bahaya dari air raksa, jika sampai alat pecah dan air raksanya terpapar di kulit atau saluran pernapasan

Tensimeter digital : merupakan tensimeter modern yang akurat, dianjurkan untuk digunakan di rumah atau memantau tekanan darah sehari hari. Berbeda dengan tensimeter air raksa yang memerlukan stetoskop untuk mendengarkan suara sebagai pertanda tekanan sistolik dan diastolik, tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya

Penjelasan :

Tensimeter manual (Tensimeter Raksa)

contoh tensimeter air raksa (manual)

Pada umumnya tingkat keakuratan alat kesehatan manual jauh lebih tinggi dari pada yang digital. Demikian juga dengan tensimeter. Mungin itulah sebabnya kenapa tensimeter manual lebih disukai oleh para tenaga medis.

Tensimeter raksa adalah alat pengukur tekanan darah yang berbahan dasar raksa sebagai indikator pengukuran. Tensimeter jenis ini memiliki keunggulan pada tingkat akurasi yang sangat bagus. Paling bagus dibandingkan tensimeter jenis lainnya.

Namun, menggunakan tensimeter ini harus sangat berhati-hati. Jika salah dalam menggunakan bisa berbahaya untuk kesehatan, bahkan menyebabkan kematian akibat keracunan logam berat merkuri.

Radiasi logam berat alat ini kemungkinan bisa timbul akibat kebocoran pada tabung raksa. Air raksa keluar dan terhirup oleh manusia. Kebocoran ini bisa terjadi akibat kelalaian atau faktor lain yang menyebabkan tabung penampung dan penguapan air raksa mengalami keretakan atau pecah.

Tensimeter Digital

contoh tensimeter digital

Tensimeter digital merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah yang bekerja secara digital (otomatis). Tensimeter digital memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Aman, karena tidak menggunakan air raksa yang berisiko radiasi logam berat.
  • Praktis, hasil pengukuran langsung ditampilkan pada layar digital.
  • Multifitur, alat ini biasanya dilengkapi juga dengan beragam fitur lain yang bermanfaat. Seperti grafik tekanan darah (apakah darah normal atau tidak?) dan fitur irreirreguler heart beat.
  • Tidak perlu pelatihan khusus untuk menggunakannya, karena cara penggunaan tidak jauh beda dengan tensimeter air raksa.

Namun demikian, perlu kita ketahui juga bahwa tensimeter digital juga memiliki kelemahan dimana tingkat akurasinya pengukuran lebih rendah dari pada tensimeter raksa. Akurasi pengukuran pada tensimeter digital ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi baterai (daya), usia pemakaian (semakin lama pemakaian semakin menurun tingkat akurasi) dan teknologi produk. Oleh karena itu kalibrasi secara berkala perlu dilakukan. Dan untuk proses kalibrasi digunakan tensimeter air raksa.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

macam-macam tensimeter - pengertian tensimeter - macam macam tensimeter - jenis tensimeter - gambar tensimeter - jenis jenis tensimeter - jenis-jenis tensimeter - tanda usus bocor - makalah tensimeter - tensimeter manual - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats