Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

istilah umum pada instalasi pompa pemadam kebakaran SNI 03-6570-2001

Posted on | December 21, 2011 | No Comments

Definisi sebagai berikut digunakan dalam standar ini:
aditif
Suatu cairan seperti konsentrat busa, pengemulsi, cairan supresi uap berbahaya dan bahan berbusa ditujukan untuk disuntikkan ke dalam aliran air pada atau di atas tekanan air.

air tanah
Air yang tersedia pada sumur, yang berasal dari permukaan lapisan penyangga air (aquifer)

alat kontrol pompa kebakaran
kelompok peralatan yang berfungsi sebagai pengatur, pada umumnya diset (disetel) sebelumnya, yang menjalankan dan menghentikan penggerak pompa kebakaran serta memantau sinyal status dan kondisi unit pompa kebakaran.

analisa kinerja aquafer
pengujian yang dirancang untuk menentukan jumlah air di bawah tanah yang tersedia di lokasi dan mempunyai ruang yang cukup memadai untuk mencegah gangguan di lokasi tersebut. Pada dasarnya hasil pengujian menyediakan informasi yang berhubungan dengan kemampuan alir dan koefisien penyimpanan (volume air yang ada) dari aquifer.

aquafer
formasi di bawah tanah yang mengandung bahan stabil yang dapat ditembus air untuk menghasilkan sejumlah air yang cukup.

bahan tahan korosi
bahan seperti brass, tembaga, monel, baja tahan karat, atau bahan-bahan setara yang tahan korosi.

daya angkat hisap total
daya angkat hisap ada bila head hisap total di bawah tekanan atmosfer. Daya angkat hisap total seperti ditentukan pada pengujian, adalah bacaan pada manometer cairan pada nozel hisap dari pompa, dirubah ke meter ( ft ) cairan, ditunjukkan ke titik duga, dikurangi head kecepatan pada titik dimana pengukur dipasang.

daya poros maksimum pompa
daya poros maksimum pompa yang dipersyaratkan untuk menjalankan pompa pada suatu kecepatan nominal. Pabrik pembuat pompa menentukan ini dengan uji di pabrik di bawah kondisi hisapan dan pelepasan yang ditentukan. Kondisi aktual di lokasi dapat berbeda dengan kondisi pabrik.

disetujui
dapat diterima oleh instansi berwenang.

faktor pelayanan
perkalian dari motor arus bolak balik yang bila diterapkan ke daya poros menunjukkan beban daya poros yang diijinkan yang dapat menghantarkan tegangan, frekuensi dan temperatur.
Untuk contoh perkalian 1,15 menunjukkan motor diijinkan untuk menerima beban lebih 1,15 kali daya porosnya.

harus (shall)
menunjukkan persyaratan yang mutlak diikuti (mandatory).

head
suatu jumlah yang digunakan untuk menyatakan bentuk (atau kombinasi bentuk) dari energi yang terkandung air per berat unit air dengan acuan titik duga sembarang.

head hisap positip neto (net positive suction head = NPSH)
head hisap total absolut cairan dalam meter (ft), ditentukan pada nozel hisap, dan di acu ke titik duga (datum), dikurangi tekanan uap absolut cairan dalam meter (ft).

head hisap total
head hisap yang ada bila head hisap total di atas tekanan atmosfer.
Head hisap total, seperti ditentukan pada pengujian, adalah acaan dari pengukur pada hisapan pompa, dirubah ke meter (ft) dari cairan, dan di acu ke titik duga, ditambah head kecepatan pada titik dimana pengukur yang dipasang.

head kecepatan
head kecepatan yang didapatkan dari kecepatan rata-rata yang diperoleh dengan membagi aliran dalam meter kubik per detik (ft kubik per detik) dengan luas aktual dari penampang pipa dalam meter persegi (ft persegi) dan ditentukan pada titik dari sambungan pengukur.

head nominal total
head total yang ditimbulkan pada kapasitas nominal dan kecepatan nominal untuk pompa horisontal rumah terpisah atau pompa turbin poros vertikal.

head pelepasan total.
bacaan pengukuran tekanan pada pelepasan pompa, diubah ke meter (ft), dan di mengacu ke titik duga, ditambah head kecepatan pada titik dari pengukur yang dipasang.

head total, pompa horisontal
pengukuran kerja untuk menaikkan setiap kg (lb) cairan, diberikan ke cairan oleh pompa, dan karena itu terjadi perbedaan besaran antara head pelepasan total dan head hisap total.
Head total, seperti ditentukan pada pengujian bila daya angkat hisap ada, merupakan jumlah dari head pelepasan total dan daya angkat hisap total.
Apabila head hisap positip ada, head total adalah head pelepasan total dikurangi head hisap total.

head total, pompa turbin vertikal
jarak dari taraf air pemompaan ke pusat dari pengukur pelepasan ditambah head pelepasan total.

hisapan yang meluap (flooded suction)
kondisi dimana aliran air dari sumber yang terbuka ke atmosfer menuju pompa tanpa menyebabkan tekanan rata-rata pada flens inlet pompa turun di bawah tekanan atmosfer pada saat pompa beroperasi 150 persen kapasitas nominal.

instansi berwenang
instansi berwenang dan bertanggung jawab untuk menyetujui peralatan, instalasi dan prosedur.

katup pelepasan aliran ( flow unloader valve)
katup yang dirancang untuk melepas kelebihan aliran di bawah kapasitas pompa yang di set pada tekanan pompa.

kopling fleksibel
alat yang digunakan untuk menyambung poros atau komponen pemindah torsi dari suatu alat penggerak ke pompa, dan yang membolehkan sudut kecil dan ketidak sejajaran sebagaimana dibatasi oleh pabrik pembuat pompa dan kopling.

motor bakar
setiap motor yang media kerjanya terdiri dari hasil pembakaran udara dan bahan bakar yang dipasok.
Pembakaran biasanya terjadi di dalam silinder yang bekerja, tetapi dapat pula terjadi di dalam kamar (chamber).

motor diesel
motor bakar dimana bahan bakar dinyalakan seluruhnya oleh hasil panas dari kompresi udara yang dipasok untuk pembakaran. Motor diesel minyak, bekerja dengan menginjeksikan bahan bakar minyak setelah kompresi praktis lengkap, jenis ini biasanya digunakan sebagai penggerak pompa kebakaran.

motor kedap debu yang dapat terbakar
motor yang tertutup seluruhnya dimana penutupannya dirancang dan dibuat dengan cara menghalangi masuknya sejumlah debu yang dapat terbakar atau sejumlah yang dapat merusak kinerja atau nilai dan yang tidak akan menyebabkan busur, percikan, atau panas selain yang ditentukan atau dilepaskan dari dalam penutup yang dapat menyebabkan penyalaan dari akumulasi debu di bagian luar, atau debu tertentu yang bertebaran di atmosfer dalam daerah sekitar penutup.

motor kedap ledakan
motor yang tertutup seluruhnya di mana penutupnya dirancang dan dibuat tahan ledakan dari gas atau uap tertentu yang dapat timbul di dalamnya dan untuk mencegah nyala dari gas atau uap tertentu disekeliling motor oleh percikan, semburan atau ledakan dari gas atau uap tertentu yang timbul di dalam rumah motor.

motor kedap tetesan
motor yang terbuka dimana bukaan ventilasinya dibuat sedemikian rupa sehingga mampu beroperasi tanpa terganggu oleh tetesan cairan atau partikel padat yang turun atau masuk ke dalam bagian yang tertutup dengan sudut antara 0 sampai 15 derajat ke arah bawah terhadap vertikal.

motor listrik
Motor listrik diklasifikasikan sesuai untuk proteksi mekanik dan metoda pendinginannya.

motor terbuka
motor yang mempunyai bukaan ventilasi, memperkenankan jalur udara pendingin luar meliwati dan mengelilingi kumparan motor.
Apabila diterapkan pada peralatan yang besar tanpa kualifikasi, istilah ini menunjukkan motor tidak mempunyai hambatan untuk ventilasi selain dari pada yang dibutuhkan oleh konstruksi mesin.

motor tertutup total
motor yang tertutup seluruhnya untuk mencegah pertukaran bebas dari udara antara bagian dalam dan luar rumah, tetapi tidak cukup menutup untuk diistilahkan kedap udara.

motor tertutup total didinginkan dengan fan
motor yang tertutup seluruhnya dipasang untuk pendinginan luar oleh sarana fan atau fan yang menyatu dengan motor tetapi di luar dari bagian yang tertutup.

motor tertutup total tanpa ventilasi
motor yang tertutup seluruhnya, dimana tidak dipasang untuk pendinginan oleh sarana luar untuk bagian-bagian yang tertutup.

motor yang dilindungi kedap tetesan
motor kedap tetesan di mana bukaan ventilasi dilindungi sesuai definisi motor kedap tetesan.

pelayanan
konduktor dan peralatan untuk menyalurkan energi dari sistem pasokan listrik ke sistem pengkabelan dari bangunan yang dilayani.

pelindung motor
motor yang terbuka di mana semua bukaan terhadap logam yang bergerak atau bagian yang berputar (kecuali permukaan putar yang halus), dibatasi ukurannya oleh bagian struktural atau oleh tabir, dinding antara, gril, kasa logam, atau sarana lain untuk mencegah kecelakaan akibat bersinggungan dengan bagian bagian yang berbahaya. Bukaan yang menyebabkan hubungan langsung ke bagian-bagian yang bergerak atau berputar, harus tidak dilalui batang silindris berdiameter 19 mm ( % inch) atau lebih.

peralatan pelayanan
peralatan penting, biasanya terdiri dari pemutus tenaga atau sakelar dan pengaman lebur, dan perlengkapannya, ditempatkan dekat titik masuk konduktor pemasok ke bangunan, struktur lain, atau sebaliknya area yang ditegaskan, dan ditujukan untuk membentuk kontrol utama dan sarana pemutus pasokan.

permukaan air pemompaan (pumping water level)
permukaan air terhadap pompa, di mana jumlah air berada pada hisapan pada saat pompa beroperasi. Pengukuran dibuat sama seperti permukaan air statik.

permukaan air statik
permukaan, dengan merujuk ke pompa, terhadap badan air dimana hisapan akan terjadi, dalam keadaan pompa tidak beroperasi.
Untuk pompa turbin dengan poros vertikal, jarak ke permukaan air di ukur tegak lurus dari garis pusat horisontal dari tekanan pelepasan atau tee.

pompa aditif
pompa yang digunakan untuk menyuntik bahan aditif ke dalam aliran air.

Pompa can
pompa jenis turbin poros vertikal dalam suatu can (semacam tangki hisap) pada instalasi pipa untuk menaikkan tekanan air.

pompa hisap ujung ( End suction pump)
pompa hisap tunggal mempunyai nozel hisap pada sisi yang berlawanan dengan rumah pompa dan mempunyai bidang hisap nozel hisap tegak lurus ke sumbu longitudinal dari poros.

pompa horisontal
pompa yang posisi porosnya horisontal.

pompa konsentrat busa
lihat definisi “pompa aditif”.

pompa langkah positip
karakteristik pompa yang menghasilkan aliran dengan cara menangkap volume tertemtu dari cairan pada setiap putaran pompa dan mengurangi rongga cairan oleh sarana mekanik untuk memindahkan cairan yang dipompakan.

pompa putaran baling-baling (vane)
karakteristik pompa langkah positip yang menggunakan rotor tunggal dengan baling-baling yang bergerak dengan putaran pompa untuk menciptakan rongga dan memindahkan cairan.

pompa putaran keping (rotary lobe)
karakteristik pompa langkah positip yang menggunakan keping rotor untuk membawa cairan antara rongga keping dan rumah pompa dari inlet ke outlet.

pompa roda gigi
karakteristik pompa langkah positip yang menggunakan roda gigi dan rumahnya untuk memindahkan cairan.

pompa rumah terpisah horizontal (split case)
jenis pompa sentrifugal yang rumahnya terpisah dan sejajar terhadap porosnya.

pompa sejalur (in- line)
pompa sentrifugal yang menjalankan unit, ditunjang oleh pompa yang mempunyai flens hisap dan flens pelepasan kurang lebih sama dengan garis tengahnya.

pompa sentrifugal
pompa yang pada prinsipnya tekanannya ditimbulkan oleh gerakan gaya sentrifugal.

pompa torak
karakteristik pompa langkah positip yang menggunakan torak dan silinder untuk memindah-kan cairan.

pompa turbin poros sejalur vertikal
pompa sentrifugal poros vertikal dengan impeller berputar atau impeller dengan pelepasan dari sumbu elemen pemompaan dan poros.
Elemen pemompaan ditahan oleh sistem konduktor, yang menutup sistem dari poros vertikal, digunakan untuk memindahkan daya ke impeller, penggerak utama berada di luar aliran.

sakelar isolasi
sakelar yang ditujukan untuk mengisolasi sirkit listrik dari sumber dayanya. Sakelar ini tidak memiliki kemampuan memutus dan ditujukan hanya untuk mengoperasikan setelah sirkit di buka dengan cara lain.

sakelar pemindah manual
sakelar yang dioperasikan oleh tenaga manusia langsung untuk memindahkan satu atau lebih penyambungan konduktor beban dari satu sumber daya ke lainnya.

sakelar pemindah otomatik
peralatan yang bergerak otomatik untuk memindahkan satu atau lebih sambungan konduktor beban, dari satu sumber daya ke sumber daya lainnya.

saluran
semua konduktor sirkit antara peralatan yang dilayani atau sumber dari sistem yang terpisah dengan alat pengaman arus lebih sirkit cabang terakhir.

sambungan fleksibel poros
alat yang terdiri dari elemen teleskopik dengan dua sambungan fleksibel.

sarana pelepas sambungan
alat pengaman, kelompok alat pengaman, atau sarana lain (contoh : pemutus tenaga pada alat kontrol pompa kebakaran) dimana konduktor dari suatu sirkit dapat dilepas dari sumber pasokannya.

sebaiknya
menunjukkan rekomendasi atau saran tetapi tidak dipersyaratkan.

sirkit cabang
konduktor sirkit antara alat pengaman arus lebih yang terakhir untuk memproteksi sirkit dan peralatan yang dipakai.

standar
dokumen, teks utama yang berisi hanya ketentuan yang mutlak diikuti, menggunakan kata “harus” untuk menunjukkan persyaratan dan dimana bentuk umumnya cocok untuk referensi yang mutlak diikuti oleh standar lain atau kode atau untuk di adopsi ke dalam bentuk “hukum”.
Ketentuan yang tidak mutlak diikuti harus diletakkan pada apendiks, catatan kaki, atau catatan dengan cetak halus dan tidak dipertimbangkan sebagai bagian dari persyaratan standar.

sumur basah
ruang tertutup dari kayu, beton atau bata, mempunyai saringan masuk, dijaga terpisah di isi dengan air dari sumber air permukaan seperti kolam, danau, atau sungai kecil.

tarikan ke bawah
perbedaan vertikal antara permukaan air pemompaan dan permukaan air statik.

teruji
peralatan, bahan, atau pelayanan termasuk dalam daftar teruji dari organisasi yang disetujui oleh instansi berwenang dan berurusan dengan evaluasi produk atau pelayanan, yang melakukan inspeksi berkala dari produk peralatan yang teruji atau bahan atau evaluasi berkala dari pelayanan, dimana bagian yang teruji dari peralatan, bahan atau pelayanan memenuhi standar atau telah di uji dan diperoleh hasil sesuai tujuan tertentu.

unit pompa kebakaran
unit yang dirakit, terdiri dari pompa kebakaran, penggerak, alat kontrol, dan perlengkapannya.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

fungsi manometer - macam-macam kebakaran - macam macam kebakaran - contoh artikel dengan catatan kaki - sistem pendingin pada mesin diesel - prinsip kerja manometer - cara kerja manometer - sistem pendingin mesin diesel - macam kebakaran - pompa air cepat panas - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats