Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Plasenta akreta, inkreta, perkreta

Posted on | November 10, 2011 | No Comments

Biasanya, plasenta akan lepas secara spontan dari implantasnya di uterus beberapa menit pertama setalah kelahiran bayi, Penyebab tersering terjadinya kelambatan pelepasan plasenta ialah adanya kontraksi uterus yang tidak adekuat, lebih jarang lagi adalah plasenta menempel erat pada tempat implantasinya. Disebabkan karena lapisan desisua yang tipis atau tidak ada sehingga lapisan yang seharusnya akan menghalangi makin dalamnya trofoblast masuk kedalam endometrium juga tidak ada.

Plasenta akreta adalah istila yang digunakan untuk menggambarkan implantasi plasenta yang sangat kuat menempel pada dinding uterus, akibat dari tidak adanya desidua basalis pada dinding uterus, akibat dari tidak adanya desidua basalis dan ketidaksempurnaan pembentukan lapisan fibrinoid atau lapisan nitabunch. Seperti telah disebutkan sebelumnya lapisan ini menghalangi masuknya trofoblas lebih dalam lagi.

Pembagian keadaan ini adalah :

  • Plasenta akreta : dimana implantasi jonjot korion plasenta hingg mencapai lapisan miometrium
  • Plasenta inkreta : dimana implantasi jonjot korion plasenta hingga memasuki lapisan miometrium
  • Plasenta parcreta : dimana implantasi jonjot korion plasenta yang menembus lapisan otot hingga mencapai lapisan serosa dinding uterus

Perlekatan abnormal dari jonjot korion ini juga dapat melibatkan seluruh kotiledon (total), beberapa kotiledo (parsial) atau hanya satu kotiledon (fokal)

Angka kejadian sebenarnya dari plasenta akreta, inkreta, dan perkreta secara pasti tidak diketahui. Breen dkk melaporkan data yang didapatkan dari laporan yang dilaporkan dari tahun 1991, bahwa insiden nya bervariasi dari 1 dalam 540 persalinan hingga 1 dalam 70.000 persalinan.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

plasenta akreta - plasenta inkreta - pengertian plasenta akreta - plasenta akreta inkreta dan perkreta - plasenta perkreta - plasenta akreta inkreta perkreta - plasenta akreta adalah - akreta - placenta akreta - pengertian plasenta inkreta - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats