Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Jenis Jenis Arsip

Posted on | November 26, 2011 | No Comments

Bentuk arsip bisa beragam, tidak hanya berupa lembaran kertas dan tulisan seperti yang kerap dianggap oleh kebanyakan prang, tetapi di sebagian besar kantor, arsip juga berupa surat atau dokumen berbentuk lemberan kertas, Saat ini, bentuk arsip tidak hanya lembaran data yang diturnpuk dalam satu tempat menjadi satu (arsip konvensional), tetapi sudah berkembang dalam bentuk softcopy (disimpan dalam bentuk CD, video, kaset, atau flashdisc). Arsip yang seperti ini disebut dengan arsip elektronik.

Berikut ini jenis-jenis arsip,

a. Arsip Menurut Subjek atau Isinya

Contoh dari arsip ini adalah arsip keuangan, seperti laporan keuangan, bukti pembayaran, bukti pernbelian, surat perintah mernbayar, dan claftar gaji; atau arsip kepegawaian, seperti data riwayat hidup pegawai, surat lamaran, dan surat pengangkatan pegawai.

b. Arsip Menurut Bentuk atau Wujudnya

Arsip dalam berauk ini sangat banyak ragamnya, seperti naskah perjanjian, akte pendirian perusahaan, notulen rapat, laporan-laporan, kuitansi, berita Kara, bon penjualan, pita rekaman, n-rJroftirri, dan compact disk,

C. Arsip Menurut Nilai atau Kegunaannya

Contoh dari arsip ini adalah arsip yang memiliki nilai inforrnasi, seperti pengumuman, pernberitahuan, dan undangan. juga arsip yang merniliki nilai kegunaan administrasi, seperti ketentuan-ketentuan organ[sasi, surat keputusan, prosedur kerja, dan uraian tugas pegawai. Selain itu, arsip yang memiliki kegunaan hukum, seperti akte pendirian perusahaan, akte kelahiran, peraturan-peraturan, surat perjanjian, sprat kuasa, kuitansi, berita acara, dan keputusan peradiran.

d Arsip Menurut 5ifat Kepentingannya

Contoh dari arsip ini adalah arsip non-esensial, seperti surat permahonan cub, surat pesanan barang, dan surat perrnintaan. Juga arsip penting, seperti surat keputusan, &altar riwayat hidup, laporan keuanganr buku kas, dan daftar gaji. Selain itu, ada juga arsip vital, seperti akte pendirian perusahaan, buku induk pegawai dan dokumen kepemilikan tanah.

e. Arsip Menurut Fungsinya

Arsip menurut fungsinya terdiri dari dua macarn, yaitu arsip dinamis dan arsip statis.

  1. Arsip dinamis (dokumen), yaitu arsip yang setiap hari dig una kan secara langsung untuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengendakian kegiatan operasional perusahaan.
  2. Arsip statis, yaitu arsip yang setiap hari digunakan, tetapi tidak secara langsung untuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan operasional perusahaan. Arsip seperti ini tetap disimpan dengan alasan historisnya.

Untuk arsip dinamis, dokumen harus memenuhi syarat yang ditentukan yaitu lengkap, cukup berrnakna, komprehensit dan tidak melanggar hukum. Dokumen sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut.

  1. Dokumen adrninistrasi, meliputi dokumentasi prosedur dan korespondensi.
  2. Dokumen akutansi, meliputi laporan, formulir, korespondensi terkait. Contohnya laporan tagihan dan rekening bank.
  3. Dokumenproyek,meliputinota.dokumentasipengembangan produk, dan dokumen lain yang berkaitan dengan proyek tertentu.
  4. Berkas kasus, meliputi dokumen nasabah, asuransi, kontrak, dan berkas tuntutan hukum.

f. Arsip Menurut Tempat Mau Tingkat Pengelolaannya

Arsip jenfs ini dapat dibedakan antara arsip pusat dan arsip unit, berkaitan dengan kearsipan lembaga pemerintah. Bentuknya dapat berupa arsip nasional pusat Mau arsip nasional daerah.

g. Arsip Menurut keasliannya

Arsip jenis ini dapat dibedakan menjadi arsip asli, arsiptembusan. arsip salinan, dan arsip petikan.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

contoh arsip statis - jenis-jenis arsip - jenis arsip - jenis jenis arsip - contoh arsip dinamis - contoh arsip dinamis dan statis - jenis jenis kearsipan - jenis-jenis kearsipan - bentuk arsip - contoh arsip statis dan dinamis - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats