Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

pengalaman mengurus STNK di kantor samsat makassar

Posted on | October 3, 2011 | 2 Comments

pengumuman kepolisian yang digaung gaungkan akan melakukan razia terhadap Plat kendaraan bermotor sudah mulai marak, saya sendiri sampai terkena dampaknya dan setelah mengecek lembar STNK motorku sendiri, waaah dalam beberapa hari ini STNK sudah akan expire. maka dengan gegap gempita langkah langsung aku arahkan ke samsat kota Makassar yang beralamat di Jl. Mappanyukki

sedianya aku sendiri akan menuju ke kantor pelayanan Samsat Makassar pada jam 9 pagi namun karena ada sesuatu dan lain hal akhirnya tertunda dan baru jam 13.00 siang aku sempatkan ke tempat tersebut.

kantornya sendiri cukup mudah didapat meskipun menempuh jarak cukup jauh dari Kampus Unhas. Tiba di kantor samsat sekitar pukul 14.00, dan saya pun langsung menghadap ke meja informasi untuk meminta nomer antrian.

oleh pak Polisi yang bertugas ditempat itu langsung meminta untuk melihat langsung STNK dan KTP saya. Saya sendiri tidak tahu apakah ini suatu prosedur atau tidak. yang pasti setelah KTP dan STNK di periksa saya langsung mendapat nomer antrian.

Horey dapat juga nomer antrian No. 609

kartu antrian

oleh bapak Polisi tadi saya diarahkan ke tempat duduk antrian, “kamu boleh duduk disana untuk mengantri”

akhirnya saya langsung mengambil posisi antri, sambil melihat papan board antrian, waktu itu menunjukkan nomer 604 wah masih ada beberapa orang. tapi saya yakin tidak lama lagi, paling sisa 5- 6 orang saja

mengamati ruangan tersebut ternyata sangat ramai, saya tidak tahu apakah semuanya adalah orang orang yang akan membayar pajak kendaraannya ataukah calo pengurusan pajak, yang pasti tempat tersebut sangat ramai, kalo boleh dibandingkan mirip pasar sentral. meskipun sangat banyak loket yang dibuka tapi dari pengamatan saya sendiri sepertinya tidak berjalan dengan sesuai fungsinya, malah terjadi penumpukan orang orang di beberapa loket yang saya tahu persis mereka tidak membawa nomer antrian.

di sudut kiri dan kanan bagian gedung samsat tertempel spanduk tagline samsat yangkurang lebih maksudnya seperti ini ; pengurusan stnk yang sesuai dengan ktp hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit saja.

wah waktu itu aku cuman bergumam, wah asik kalo begini waktu nya tidak lama.

tiba tiba panel board antrian bersuara “607 ke loket no 2″ waktu itu saya melihat sudah hampir setengah empat sore, saya tidak tahu persis apakah orangnya ada atau tidak yang pasti di loke loket yang ada sangat banyak orang bergerombol, entah itu mereka mengurus apa. perpanjangan, buat baru atau apa saya sendiri tidak tahu.

pas jam setengah empat sore nomer 608 disebutkan, akhirnya satu lagi baru giliran ku, namun aneh nya sudah menunggu sampai hampir 30 menit belum dipanggil juga, waktu itu jam sudah menunjukkan hampir jam empat

karena tidak sabar akhirnya saya memberanikan diri untuk maju ke salah satu meja counter. dan langsung menanyakan kok saya tidak dipanggil mbak, sudah ada 30 menit saya menunggu dari interval nomer 608 tadi.

akhirnya dijawab dengan santai oleh petugas couternya, ini sudah tutup dari jam setengah empat tadi. waduuh kok bisa, jadi apa gunanya saya ngambil antrian?????

lagian tadi kenapa tidak melapor? tanya petugas teller, saya bilang tadikan disini sangat ramai mbak, jadi kalo belum giliran saya untuk apa saya maju?

“iya ini sudah tutup dari tadi jam setengah empat” tandas mbak di teller…. hhh sialan coba dari tadi saya maju pasti urusan stnk motor dah kelar, ini terpaksa datang lagi besok pagi.

mungkin kejadian ini hanya menimpa saya, yaah boleh dibilang pengalaman buruk lah. udah capek capek ngantri 2 jam eh ujung ujungnya dibilang udah tutup. apa gunanya sistem antrian yang komputerisasi? apa memang sedemikian jeleknya sistem komputer samsat sehingga petugas counter tidak tahu jika masih ada pengantri yang belum dipanggil? atau kah petugas nya dah keceapean melayani orang? mana slogan tagline nya yang 5-10 menit saja? ndak adaji !

tidak ada jawaban pasti, yang jelas ini pengalaman buat siapa saja, jika mengurus dan nama anda belum dipanggil mending segara maju saja, buat apa ngantri kalo ndak dipanggil juga, ini berlaku jika anda datang di kantor samsat diatas jam 13.00 WITA. jadi sebaiknya untuk mengurus stnk di kantor pelayanan samsat datang lah pagi pagi, biar kamu bisa dilayani dengan baik, dan buat yang sibuk karena kerja, kamu bisa bayar calo saja untuk menguruskan, biar lah keluar dana sedikit dari pada harus bercapek-capek ria menunggu dan lama pengurusan stnk nya

okey? selamat mencoba.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

samsat makassar - kantor samsat makassar - samsat makassar online - SAMSAT Kota Makassar - situs resmi samsat makassar - hari kerja samsat makassar - alamat kantor samsat makassar - website samsat makassar - situs samsat makassar - kantor samsat kota makassar - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats