Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

kompensasi delay penerbangan kepada penumpang

Posted on | October 1, 2011 | No Comments

penerbangan

Anda pernah delay dalam penerbangan? sebagian dari anda yang sering bepergian dengan pesawat pasti sudah pernah mengalaminya, buat yang pernah mengalaminya perlu tahu nih apa apa saja sih kompensasi yang diberikan oleh maskapai apabila penumpang mendapat delay alias penerbangan di tunda. maklum hal yang paling sering terjadi adalah para penumpang langsung ngomel, marah-marah kepada maskapai penerbangan yang melakukan penundaan ataupun delay.

padahal prosedur penundaan penerbangan atau delay itu sendiri sudah merupakan standar prosedur yang memang harus dilakukan ketika penerbangan yang akan dilakukan dianggap dapat membahayakan kondisi penumpang itu sendiri. Untuk itu jangan lansung main marah-marah dong… apa anda mau, naik pesawat trus pesawat nya jatuh… iiih jangan sampai dah…

Nah untuk tetap menjaga pelayanan kepada penumpang yang delay biasa nya Maskapai sudah menyiapkan kompensasi terhadap hal tersebut.

Berikut ini beberapa Kompensasi yang wajib diberikan oleh maskapai penerbangan kepada penumpang sesuai peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 25 Tahun 2008

  • Keterlambatan penerbangan 30-90 menit maka  airlines (maskapai penerbangan) wajib memberikan minuman dan makanan ringan
  • Keterlambatan 90-180 menit maka airlines wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau makan malam dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, apabila diminta oleh penumpang.
  • Keterlambatan penerbangan lebih dari 180 menit maka airlines wajib memberkan minuman, makanan ringan, makan siang atau makan malam dan apabila penumpang tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, maka kepada penumpang wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.
  • Pembatalan penerbangan: airlines wajib mengalihkan penumpang ke penerbangan berikutnya dan apabila tidak dapat dialihkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, maka kepada penumpang wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.
  • Apabila penumpang menolak diterbangkan akibat keterlambatan lebih dari 180 menit atau akibat pembatalan penerbangan maka airlines wajib mengembalikan harga tiket yang telah dibayarkan oleh penumpang kepada perusahaan penerbangan. (keterlambatan yang dimaksud apabila akibat kesalahan perusahaan penerbangan)

pemberian kompensasi diatas adalah standar yang sudah ditetapkan namun ada maskapai yang memberikan kompensasi lebih baik dari ketentuan tersebut diatas, hal itu dilakukan oleh maskapai penerbangan demi meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

nah sudah jelas infonya kan? buat kamu yang mengalami delay tidak usah ikutan marah, bersabar, dan ikuti prosedur agar perjalanan anda selamat sampai ke tujuan

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

delay penerbangan - pengertian delay dalam penerbangan - kompensasi delay penerbangan - kompensasi delay - kompensasi penumpang delay - kompensasi penerbangan - contoh surat konpensasi - makalah tentang keterlambatan pesawat - makalah tentang delay pesawat - arti delay dalam penerbangan - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats