Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Bagian Bagian Konstruksi Mesin Diesel Penggerak Generator Listrik ( 4 Tak )

Posted on | October 25, 2011 | No Comments

Secara garis besarnya konstuksi utama sebuah motor diesel penggerak generator listrik (4 tak) dapat dibagi menjadi 5 bagian utama, meliputi :

  • Komponen sistem bahan bakar : tangki bahan bakar, keran bahan bakar, saringan bahan bakar, pompa injeksi, mekanisme governor, pipa tekanan tinggi, injektor (nozzle) dan saluran pengembalian bahan bakar.
  • Komponen sistem pelumasan : panci oli (carter), saringan kasar (oil screen), pompa oli, saringan halus (oil filter), indikator oli dan saluran penyalur oli pelumas.
  • Komponen sistem pendinginan : tangki air pendingin, mantel pendingin blok selinder (water jacket) dan komponen lain sesuai tipe pendinginan yang digunakan (lihat pada bagian sistem pendingi nan).
  • Komponen sistem mekanisme katup : poros bubungan (cam shaft), pengungkit (tappet), batang pendorong (push rod), tuas penekan katup (rocker arm), katup dan pegas katup.
  • Komponen lain di luar keempat sistem yang telah disebutkan, yaitu : blok selinder, kepala selinder, torak (piston), batang torak (connecting rod), poros engkol, roda gila (fly wheel) dan puli penggerak.

Mesin diesel yang dibelah

Penampang Samping Mesin diesel

Penampang Samping Mesin Diesel (Tipe hopper)

keterangan Gambar

Keterangan :
1    : Saringan udara (air cleaner)
2    : Penyemprot bahan bakar (injector nozzle)
3    : Katup dan Pegas Katup
4    : Tuas penekan katup (rocker arm)
5    : Ruang pembakaran
6    : Torak (piston)
7    : Poros engkol (crank shaft)
8    : Roda gila (fly wheel)
9    : Saluran pengeluaran bahan bakar (drain plug)
10    : Tangki bahan bakar
11    : Tutup tangki bahan bakar
12    : Tangki air pendingin
13    : Batang torak (conecting rod).
14    : Knalpot (muffler)
15    : Pompa Injeksi dan Mekanisme governor
16    : Kepala selinder
17    : Blok selinder
18    : Mantel (kantong) air pendingin blok selinder

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

gambar mesin diesel - bagian mesin diesel - bagian-bagian generator - komponen mesin diesel - bagian-bagian mesin genset - komponen-komponen mesin diesel - bagian-bagian mesin diesel - komponen komponen mesin diesel - gambar mesin disel - bagian bagian mesin diesel - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats