Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Metode pengolahan air yang dilaksanakan di pedesaan

Posted on | August 12, 2011 | 1 Comment

Metode pengolahan air yang dilaksanakan di pedesaan adalah proses coagulasi dan absorbsi disertai dengan modifikasi penyaringan pasir.

Ada 2 (dua) macam penyaringan pasir:

  • penyaringan pasir lambat.
  • penyaringan pasir cepat.

Dengan menyesuaikan kondisi setempat maka pengolahan air minum dengan sistem penyaringan air minum secara sederhana dapat dilaksanakan sebagai berikut :

  1. Teknik pembuatan sistem penyaringan air minum secara sederhana.
  2. Proses pengolahan air melalui sistem penyaringan air minum secara sederhana.
  3. Cara kerja pencucian alat penyaringan.

Teknik pembuatan sistem penyaringan air minum secara seder­hana.

Secara garis besar sistem penyaringan air minum tersebut ter­diri dari dua unit berupa penampung air baku dan filter. Penampung air baku yang dilengkapi pipa saluran keluar di­hubungkan dengan pipa saluran penerima dari titter melalui suatu selang penghubung yang dilengkapi dengan kran. Pipa saluran keluar dari penampung air baku diletakkan lebih tinggi dari pipa saluran penerima dari filter, karena air disini mengalir hanya herdasar pada gerak gravitasi. Pengaliran air kedalam filter dikontrol oleh pipa saluran pengaman yang berhubungan dengan udara babas.

Pada filter diisi lapisan-lapisan penyaring (filtering mass) yang disusun berturut-turut dari bawah ke atas sebagai berikut :

  • lapisan ijuk bagian bawah
  • lapisan potongan arang
  • lapisan ijuk bagian atas
  • lapisan krikil kasar
  • lapisan krikil halus
  • lapisan pasir yang paling atas.

Untuk lapisan pasir disini disusun secara heterogen atau multi­form, demikian juga pada lapisan krikil dan potongan arang se­dangkan pada lapisan ijuk disusun sedemikian rupa sehingga membentuk seperti ayakan. Pada bagian alas ditutupi dengan plastik yang difiksir dengan karet.

filter bambu / gentong dengan susunan penyaring

Proses pengolahan air melalui sistem penyaringan air minum secara sederhana.

Pengolahan air dengan menggunakan sistem penyaringan ini melalui heberapa proses sebagai berikut :

  • water intake
  • pembubuhan
  • pembentukan floc (partikel yang kasar dan dapat mengendap secara gravitasi).
  • pengendapan
  • penampungan filtrat

Water intake

Air bake yang digunakan climana secara fisis jelas tidak memenuhi syarat standard air minima, misalnya dari sungai su­muran gall dan lain-lain yang secara eontinuitas dapat diperoleh dimasukkan ke dalam penampung air baku. Sebelum proses ini dilakukan pipa saluran ke luar disumbat marl kran pada selang penghubung ditutup.

Pembubuh

Disini digunakan bahan pembubuh alamiah berupa arang yang dalam hentuk granola halus atau bubuk dan dicampur dengan air baku. Jumlah bubuk arang yang dipakai sebanyak satu sendok makan kira-kira 10 gram dalam 10 liter air baku. Sebelurn bubuk arang tesebut dimasukkan ke dalam air baku sebaiknya dicampur dengan air sedikit untuk memudahkan arang tersebut bercampur dengan air dan memudahkan proses pengendapan.

Pembentukan floc (floculasi)

Pada proses floculasi dilakukan dengan cara pengadukan secara lambat selama kira-kira 5 menit_

Di samping itu juga memberikan kesempatan bubuk arang tadi mengabsorbsi partikel-partikel yang halus.

Pengendapan

Sebenarnya disini diharapkan floe-floc yang terhentuk tersebut akan mengendap yang bergerak secara gravitasi, juga bubuk arang yang masih tersehar dalam air baku akan bergerak se­cara gravitasi. Proses ini berlangsung kurang setengah jam dan slap untuk diolah lebih lanjut pada bagian penyaring.

Filtrusi

Susunan lapisan-lapisan dari filter yang disusun dari lapisan yang halus ke lapisan yang lebih kasar. Jadi jika kran dihuka air mengalir melalui lapisan-lapisan dari filter.secara normal bed.

Kecepatan aliran pada lapisan pasir dengan pori yang lebih kecil menjadi berkurang dibanding dengan aliran air sebelumnya, tetapi kecepatan aliran pada granula-granula pasir bagian atas ke granula granula pasir bagian bawah dari lapisan pasir tersebut hampir tidak berbeda. Sedangkan kecepatan aliran pada lapisan krikil dengan pori yang lebih besar akan bertambah pula. Lapisan potongan arang disini di samping sebagai penyaring juga sebagai absorbent yang menyerap partikel-partikel halus dan menetralisir

bau dan warna yang masih lobos dari lapisan diatasnya. Lapisan ijuk dengan susunan seperti ayakan juga akan menyaring/me­nahan partikel yang lobos dan mengatur kecepatan aliran air yang lewat.

Penampungan filtrat

Filtrat (air yang keluar melalui filter) akan ditampung pada reservoar sementara untuk dipindahkan ke reservoar yang lebih hesarata a ditampung pada siphon untuk disterilkan dan digunakan.

Sebagai cara yang sering dianjurkan dalam bidang kesehatan terutama pada masyarakat pedesaan yaitu air yang akan diguna­kan sebagai air minum harus dimasak lebih dahulu sampai men­didih selama kurang lebih 15 menit. Karena pada stihu titik didih air dan lamanya mendidih tersebut akan mematikan kuman bak­teri seluruhnya.

Dengan demikian pada proses pengolahan air tersebut di atas maka diperoleh air yang bersih dan sehat.

Jadi metode penjernihan air melalui sistem penyaringan air minum secara sederhana ini herdasar pada activated carbon unit dan filter khusus.

Filter di sini merupakan modifikasi penyaringan pasir dengan bangunan saringan gravity filter (saringan yang bangunannya terhuka tanpa tekanan).

Cara kerja pencucian filter.

Pipa saluran ke luar dari filter disumbat/ditutup dan penutup filter bagian atas dibuka. Air pencuci kemudian dialirkan melalui pipa saluran peneri ma dari — filter. Air pencuci yang mengalir tents akan membersihkan Lumpur-Lumpur dan endapan arang halus yang lekat pada lapisan atas pasir. Air yang kotor dengan lumpur­lumpur dan arang halus akan mengalir secara perlimpahan. Setelah dianggap bersih sumbat pada pipa saluran ke luar filter dibuka kembali kemudian filter difungsikan kembali dan air pen­cuci dibiarkan mengalir untuk mengalirkan kotoran-kotoran yang mungkin tertinggal.

sumber : Penyaringan Air Minum secara sederhana di pedesaan (Gypsona Group Unhas)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

penyaringan air sederhana - saringan air sederhana - cara membuat filter air sederhana - saringan air - susunan filter air - alat penyaring air sederhana - penyaring air sederhana - penjernihan air sederhana - penjernihan air dengan cara penyaringan - filter air sederhana - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats