Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

fungsi relay pengaman pada sistem tenaga listrik

Posted on | August 23, 2011 | 2 Comments

Fungsi Relay Pengaman

didalam operasi sehari hari sistem tenaga listrik dihadapkan kepada kemungkinan berbagai macam gangguan, baik dalam operasi normal misalnya terjadi pembebanan lebih, maupun gangguan yang disebabkan oleh kesalahan (fault) misalnya akibat hubung singkat.

Gangguan dalam operasi normal yang berlangsungnya dalam jangka waktu singkat bila sistem pengamannya baik, tidak akan menhentikan operasinya pembangkit. Hanya bila gangguan ini berlangsungnya secar terus menerus, operasi pembangkit perlu dihentikan atau kalu mungkin hanya dipisahkan dari rangakaian beban dimana pembakit akan beroperasi dalam kondisi tanpa beban.

untuk menghindari kerugian yang diakibatkan oleh ganggan, maka pada bagian-bagian dari rangkaian pembangkit diberikan relay pengaman, yang akan mengontrol bekerjanya pemutus beban.

Fungsi Relay pengaman disini adalah :

melakukan “sensing” (merasakan) terhadap suatu “actuating quantity” misalnya arus, tegangan, kemudiam memperbandingkan kwantitas tersebut dengan nilah batas hingga akan menhasil kan suatu “control quantity” (kwalitas kontrol) bila actuating quantity tersebut melebihi nilai batas

atau secara defenitif ”

“relay pengaman adalah suatu alat yang bekerja membuka/ menutup rangakain listrikm atau bekerja secara mekanis untu mengatur pemutus beban akibat rangsangan yang diterima telah mencapai suatu harga batas yang telah ditetapkan”.

ransangan yang diterima dapat berupa : arus, tegangan, suhu, takanan (perssure), dan lain lainnya, sehingga menurut bentuk rangsangan ini relay pengaman dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Relay elektris yang bekerja karena rangsangan yang besifat listrik, misalnya arus, tegangan, daya, dll
  2. Relay mekanis yang bekerja karena rangsangan tekanan, kecepatan aliran, berubahnya permukaan (level) dll.
  3. Rele termis yang bekerja karena rangsangan panas

sumber : relay pengaman (Djamari Koesdihardyo, BE) : PLN Pusdiklat Pandaan

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

fungsi relay - pengertian relay - fungsi relay pengaman - relay pengaman - fungsi rilay - fungsi dari relay - relay listrik - fungsi relay pada sistem kelistrikan - fungsi relay listrik - fungsi relay adalah - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats