Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

UNHAS wakili Indonesia pada festival dance competition Turki

Posted on | July 11, 2011 | No Comments

Foto : Andi Aisyah/okezone

Satu lagi prestasi yang ditorehkan anakunhas di kancah internasional,bagaimana tidak, Unit Kegiatan Seni Tari Mahasiswa Unhas adalah satu satunya yang mewakili Indonesia di festival estival bertajuk 50th International Bursa Festival dan 25th Golden Karagoz Folk Dance Competition pada 7-12 Juli 2011 digelar di Bursa, Turki. tidak ada kata lain.. mantap mentong anakunhas…

berikut kutipannya dari okezone ;

Indonesia diwakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni tari mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas). Kontingen UKM Tari Unhas berkekuatan 21 orang dipimpin A Ilham Makhmud saat ini telah tiba di Student Dormitory, Uludag University, Turki.

Delegasi Unhas adalah satu-satunya perwakilan Indonesia dalam festival dan kompetisi bergengsi yang diikuti  32 dari 50 negara yang diundang dan tiap negara hanya diwakili satu delegasi.

International Bursa Festival dan Golden Karagoz Folk Dance Competition dilaksanakan pemerintah kota Bursa bekerja sama dengan Culture of International Organization of Folk Art (CIOFF) atas sponsor dari badan kebudayaan dunia, UNESCO. Kegiatan rutin tiap tahun ini bertujuan menyatukan aneka budaya dari berbagai negara melalui ajang festival dan kompetisi, persahabatan, serta saling berbagi nilai budaya bangsa-bangsa sedunia.

Seluruh delegasi diakomodir di kompleks Student Dormitory of Uludag University, Bursa, Turki. UKM Tari Unhas asal Indonesia mendapat tempat di KuzenLer Apartemen Nomor 15 bersama-sama dengan kontingen Meksiko, Latvia, dan Kosta Rika.

Saat pembukaan festival dengan parade berkeliling pusat kota Bursa, setiap kontingen mengenakan busana tradisional khas masing-masing negara. Mereka disambut antusias oleh ribuan penduduk kota Bursa yang tumpah-ruah ke jalan raya menyaksikan parade yang berlangsung hingga malam hari.

Berbagai atraksi budaya dipertontonkan oleh setiap kontingen. Unhas sendiri tampil dengan pakaian adat Bugis, Toraja, Mandar, termasuk pakaian Aceh yang dipakai salah seorang mahasiswa Turki, selaku Liaisson Officer untuk Indonesia.

Walikota Bursa, Recep Altepe, dan Pemerintah lokal, Sehabettin Hartput, sempat menyaksikan setiap delegasi negara menampilkan tari pembukaan yang berdurasi masing-masing tiga menit. Aneka ragam tarian tradisional dipertunjukkan dengan dominasi performa dari negara-negara Eropa, sehingga delegasi Unhas terkesan lebih unik dibandingkan negara lainnya dan disambut meriah oleh masyarakat dan peserta lainnya.

Keunikan International Bursa Festival dan Golden Karagoz Folk Dance Competition ini, yaitu setiap delegasi akan dinilai selama mereka berada di tengah arena kompetisi. Setiap delegasi harus tampil tiap hari di ajang festival dan kompetisi yang berbeda.

UKM Tari Unhas mendapat kesempatan tampil pertama pada 7 Juli antara pukul 22.14 waktu setempat di Achicava Tiyatsoru, Open Air, dan pada 8 Juli pukul 21.50-22.00 waktu setempat dalam panggung kompetisi utama di tempat yang sama. Berikutnya, 9 Juli (pukul 21.40-21-50) di Kent Muzesi, City Museum Amphitheater, dan 10 Juli (pukul 21.40-21.50) di Kestel.

“Bukan hanya penampilan yang dinilai, namun termasuk bagaimana para delegasi berperilaku dan bersosialisasi satu sama selama di pemondokan. Pada 11 Juli akan diumumkan 15 peserta yang masuk dalam final yang akan dilaksanakan pada 12 Juli malam,” tanggap pimpinan kontingen A Ilham Makhmud saat dihubungi okezone, Minggu (10/7/2011).

“Menyaksikan penampilan para kontingen dari Negara lain, nampaknya kompetisi ini adalah kompetisi yang sangat berat dan ketat, karena dihadiri oleh penari-penari profesional, terlatih dan berpengalaman dari berbagai belahan benua,” tutup Ilham.

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/07/10/373/478065/delegasi-penari-unhas-bergoyang-di-turki

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

prestasi budaya indonesia - tari tradisional di kancah internasional - info tentang budaya indonesia di kanca internasional - tarian turki - pasca sarjana unhas - seni tari internasional - unhas dance - prestasi budaya indonesia di kancah internasional - pertukaran mahasiswa turki - makalah kesehatan di indonesia di kanca internasional - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats