Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

keselamatan kerja dalam pengelasan

Posted on | July 25, 2011 | No Comments

Untuk dapat membantu terjaminnya keselamatan kerja las, perhatikan langkah-langkah berikut.

I. Persiapan

a. Peninjauan Lokasi Pengelasan.

Dari basil survei akan dapat ditentukan Iangkah-langkah pengannanan oleh pihak pengawas. seperti penyediaan baju tahan panas bagi pengelasan di tempat yang sangat panas, peiindung pendengaran bagi pengelasan di tempat yang bising, sabuk pengaman di tempat yang tinggi, dan pelindung kedap air di tempat yang basah. Selain itu, perlu juga dipersiapkan pengujian pendahuluan di tempat yang mengandung gas-gas yang berbahaya, rambu-rambu peringatan, blower penyuplai udara segar di tern pat yang pengap, serta alat perlindungan pernapasan di tempat yang banyak polusi debu.

b. Peralatan yang Dilas.

Peralatan yang akan dilas harus dibersihkan dengan cara dibilas. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kandungan gas yang berbahaya. Selain itu harus mendapat izin dari pihak pengawas operasi instalasi yang akan mengukukur kelayakan pengelasan.

c. Peralatan Pengelasan

Berikut hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

  • Mesin las harus dalam keadaan baik, tidak rusak.
  • Welding set tidak boleh cacat.
  • Stang los dan ground harus dalam keadaan baik. Tidak boleh menghubungkan ujung kabel telanjang pada bidang las. Sisa tembaga yang menempel pada permukaan baja dapat menyebabkan keretakan yang sangat cepat.
  • Rambu-rambu peringatan dan lembar selubung pelindung busur nyala listrik dipersiapkan sesuai kebutuhan dan keadaan lingkungan.

d. Peralatan Bantu

Selain peralatan utama, dalam pengelasan diperlukan alat-alat bantu, di antaranya sebagai berikut.

  • Botol-botol acetylene, propan, serta zat asam yang harus dalam keadaan bails dan telah diuji tekan.
  • Regulator masih berfungsi dengan baik
  • Selang gas tidak dalam keadaan cacat.
  • Gerinda las masih berfungsi dengan baik

e. Peralatan Keselamatan Perorangan

Berikut yang termasuk jenis peralatan perorangan yang dibutuhkan dalam pengelasan.

  • Baju lengan panjang dan celana panjang yang terbuat dari katun. Pada saat pengelasan leher baju harus dikancingkan untuk menghindari percikan api las masuk ke dalam baju.
  • Topi katun untuk pemasangan topeng las.
  • Topeng las untuk melindungi mata dan muka. Pada saat pengelasan mata akan terlindungi dari radiasi panas, sinar ultra­violet dan infra merah.
  • Sarung tangan dari kulit.
  • Selongsong kaki dari kulit dan sepatu keselamatan.
  • Pelindung dada dari kulit (apron).

f. Peralatan Las Perseorangan

Seseorang yang melakukan pengelasan harus mengetahui peralatan yang harus dipakai, balk yang bersifat perseorangan maupun kelompok. Berikut peralatan pengelasan yang bersifat perseorangan.

Peralatan biasa seperti: martil pembersih dari besi untuk pengelasan besi/ baja, dari stainless steel untuk pengelasan stainless steel, dari paduan tembaga untuk pengelasan paduan tembaga. Pemakaian yang tertukar dapat mengakibatkan karat. Sikat kawat yang terbuat dari tiga logam tersebut, pahat runcing yang terbuat dari baja, dan stainless steel.

Peralatan khusus seperti: tang pengukur anus/ tegangan, kapur pengukur suhu permukaan bahan (tempil stick)

peralatan keselamatan kerja harus dipakai dan dimanfaatkan. Semua petunjuk dan nasehat pihak pengawas pelaksanaan pekerjaan harus ditaati demi keselamatan dan menyangkut kelangsungan produksi serta kelestarian lingkungan. Pelanggaran terhadapWPS (Welding Procedure Specification) yang telah disetujui dapat berakibat fatal. Pengelasan tidak boleh dimulai sebelum ada “lampu hijau” dari pengawas operasi.

berikut ini gambar alat bantu keselamatan kerja

alat bantu keselamatan mengelas

  1. topi las (pelindung)
  2. baju lengan panjang katun
  3. apron (pelindung badan)
  4. tang las (pemegang elektroda)
  5. sarung tangan las
  6. trafo las
  7. kipas aning (exhaust vent)
  8. hamer kawat baja
  9. kabel las
  10. selonsong pelindung kaki

sumber : las listrik output ac (Sidik Purnomo dan Ahmad Dimyati)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

keselamatan kerja dalam pengelasan - keselamatan kerja dalam mengelas - Keselamatan kerja pengelasan - keselamatan kerja las - keselamatan kerja pada pengelasan - peralatan pengelasan - gambar orang mengelas - peralatan untuk mengelas - alat keselamatan kerja las - keselamatan kerja saat mengelas - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats