Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Insekta

Posted on | July 4, 2011 | No Comments

Diantara kelas-kelas dari hewan Arthropoda, kelas Insekta (serangga)lah yang mempunyai jenis terbanyak. yaitu ± 900.000 spesies. Variasinya juga sangat banyak. baik variasi ukuran maupun bentuknya. Insekta dijumpai hampir di mana-mana kecuali di laut. Ilmu yang mempelajari tentang serangga (Insekta) di-sebut Entomologi.

Berbagai Bentuk dan sifat insekta

Amatilah beberapa hewan yang tergolong kelas serangga, misalnya jangkrik. belalang, semut, lebah, atau lalat! Jika hewan-hewan itu belum ada, amatilah Gambar hewan-hewan tersebut di samping! Apa ciri khusus hewan yang tergolong kelas serangga?

berbagai contoh insekta

Tubuh Insekta terdiri atas kepala. dada. dan perut. Pada kepala dijumpai sepasang antena sebagai alat peraba. Selain antena, dijumpai juga sepasang mata faset. Sebagian anggota serangga dilengkapi dengan mata tunggal. Bentuk mulut serangga bermacam-macam. sesuai dengan makanannya. Ada mulut serangga yang berfungsi sebagai penggigit, misalnya pada semut. Pada lebah mulutnya berfungsi sebagai penggigit dan penjilat. Mulut pengisap dijumpai pada kupu-kupu. Nyamuk mempunyai mulut penusuk dan pengisap, yaitu untuk mengisap darah manusia.

Dada (thorak) terdiri atas 3 ruas, masing-masing ruas dilengkapi sepasang kaki. Pada serangga yang ber-sayap, sayap tersebut tertanam pada dada.
Segmen-segmen perut tidak diperlengkapi dengan anggota gerak. Segmen terakhir mengalami modifikasi dan berfungsi sebagai alat reproduksi. Alat ini disebut ovipositor. berguna untuk meletakkan telur pada suatu tempat.

Serangga tidak memiliki pembuluh kapiler dan pem-buluh balik. Peredaran darah seperti ini dikenal sebagai peredaran darah terbuka. Darah kembali ke jantung melalui rongga tubuh. Pada serangga. alat yang ber-fungsi sebagai jantung adalah sebuah pembuluh sehingga jantungnya disebut jantung pembuluh.

Pernapasan atau pertukaran gas yang terjadi pada serangga dapat langsung ke sel, tanpa memerlukan sis-ter transpor (darah). Udara luar masuk melalui stigma terus ke pembuluh tracheae. Ada 2 pembuluh tracheae di bagian kiri kanan tubuh, masing-masing bercabang-cabang hingga langsung ke sel. Karbon dioksida yang dilepaskan dari sel juga diangkut melalui pembuluh ini untuk dilepaskan ke udara bebas.

Alat pencernaan terdiri atas mulut, kerong-kongan, lambung. empedal, usus, dan anus. Pro-ses pencernaan berlangsung di luar sel. Pada usus akhir bermuara saluran malpigi. Saluran malpigi adalah alat ekskresi. Zat yang tidak berguna dari saluran malpigi ini dikeluarkan bersama faeses melalui anus.

Bagaimana perkembangbiakan serangga? Serangga jantan membuahi serangga betina. Pem-buahan biasanya berlangsung di dalam tubuh serangga betina. Telur yang sudah dibuahi setelah beberapa lama menetas menjadi larva. Ada yang mengalami perubahan bentuk (metamorfosis) dan ada juga tanpa mengalami metamorfosis. Lalat, tawon, kupu-kupu, dan sejenisnya memerlukan masa berkepompong sebelum menjadi dewasa. Metamorfosis ini disebut metamorfosis sempurna. Pada jangkrik, lipas, dan sejenisnya perubahan bentuk dari telur hingga dewasa tanpa melalui masa berkepompong. Metamorfosis seperti ini disebut metamorfosis tidak sempurna.

Tiap ruas terdapat 1 atau 2 simpul saraf yang bercabang-cabang ke tepi-tepi ruas. Tiap simpul saraf dihubungkan oleh benang saraf sehingga membentuk sistem saraf. Sistem saraf seperti ini disebut sistem saraf tangga tali.

Peranan Insekta dalam kehidupan manusia

Anggota-anggota Insekta mempunyai keane-karagaman dalam corak kehidupannya. Keaneka-ragaman itu meliputi jenis makanan, tempat hidup atau tempat bersarang, dan siklus hidupnya. Ke-anekaragaman itulah yang menyebabkan Insekta mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan manusia. Mengapa keanekaragaman tersebut mendatangkan keuntungan atau kerugian dalam kehidupan manusia?

Kecoa atau lipas (Blattodea), bertubuh lebar-pipih, menyukai keluar malam hari dari tempat per-sembunyiannya. Binatang ini berbau dan sangat tertarik pada makanan, sampah, dan tinja. Dengan demikian, kecoa diperkirakan ikut memegang peranan dalam penyebaran bakteri berbahaya.

Rayap atau disebut juga semut putih senang memakan kayu. Rayap dapat mencerna kayu dise-babkan adanya protozoa yang tinggal. di usus bagian belakang. Rayap adalah serangga sosial, maksudnya di dalam sarangnya terdapat pem-bagian kerja, yaitu ada pekerja, ada ratu yang ker-janya selalu bertelur, dan ada yang berfungsi sebagai pejantan. Ratunya dapat bertelur sangat banyak sehingga dengan massa yang besar mereka dapat menyerang bangunan (kayu) dalam waktu singkat tanpa diketahui manusia, karena hewan ini hanya berada di dalam sarangnya sam-bil merusak kayu. Rayap menghindari diri dari cahaya atau sinar. Memang ada rayap yang mem-bangun sarang dari tanah dengan campuran se-kresi dan tinja sehingga mengeras seperti semen. Bangunan ini dapat mencapai 6 meter tingginya.
Semut juga binatang sosial. Semut yang sexing kita lihat berkeliaran adalah semut pekerja yakrii betina mandul, dengan ciri tidak bersayap. Tiap pekerja mempunyai kemampuan membawa pulang makanan ke dalam sarang.

Makanan dapat berupa beras, gula, dan lain-lain. Semut formisin (Formicine) menggigit dengan keras dan menim-bulkan rasa sakit. Juga dapat menimbulkan rasa nyeri karena semut dapat menyemprotkan asam format (asam semut) yang keras ke dalam luka. Semut tentara primitif (Dorylinae) merupakan semut pemangsa yang berbaris menakutkan dan menyerang mangsa yang ditemukannya dalam perjalanan. Anak ayam dapat menjadi mangsanya. Pohon buah-buahan terganggu oleh sarang semut. Bagaimana jika semut menemukan bangkai cecak, belalang, dan lain-lain? Bangkai itu akan dibawa ke sarang. Semut adalah pemakan bangkai, dengan demikian membantu sebagai dekomposer sampah.

Tawon yang tinggal dalam sarangnya bila ter-ganggu dapat menyerang bersama-sama dan dapat membunuh orang dengan sengatnya yang banyak dan dahsyat.

Nyamuk adalah kelompok serangga yang mengisap darah dan dapat menularkan penyakit. Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk Ano-pheles. Demam berdarah atau demam kuning oleh nyamuk Aedes. Nyamuk Culex menyebarkan penyakit rada.ng otak dan penyakit kaki gajah.
Selain nyamuk, serangga lain yang juga suka menggigit untuk mengisap darah adalah rengit (Ceratopogonidae) dan kutu. Ukuran tubuh rengit sangat kecil. Kutu hidup parasit pada manusia, kucing, tikus, dan anjing. Kutu juga dapat me-nularkan penyakit.

Wereng adalah serangga kecil yang mem-punyai panjang tubuh kurang dari 1 cm, memakan tumbuhan dan mengisap sari tumbuhan. Wereng juga dapat menularkan penyakit virus tumbuhan.

Lebah (Apoidea) makanannya terdiri atas ser-buk sari dan nektar (madu). Dengan alat isapnya nektar diisap. Sikat berambut panjang pada tung-kai atau abdomen digunakan sebagai alat pengum-pul serbuk sari (keranjang serbuk sari). Nektar dan serbuk sari dibawa ke sarang. Selain madu, juga dihasilkan Jilin. Lebah madu (Apis mellifera) dijinak-kan untuk menghasilkan madu dan Jilin. Lilin ada-lah bahan untuk membuat sarang. Secara iidak langsung serangga pengumpul madu dan serbuk sari ini dapat menyebabkan terjadinya penyer-bukan bunga. Dengan adanya penyerbukan maka dimungkinkan dihasilkan buah.

Kupu-kupu (Papilionidae) juga membantu_ penyerbukan silang bunga-bunga tertentu. Namun, larvanya merupakan pemakan daun yang rakus. Kerapkali larva-larva dapat berkedudukan sebagai hama.

Kumbang pada umumnya merugikan ke-hidupan organisme lain. Banyak kumbang dewasa merusak tanaman pangan (sebagai hama). Kum-bang kelapa biasanya memakan daun kelapa yang masih muda. Kumbang daun (Chrysomelidae) yang dewasa memakan daun, sedangkan larvanya di samping memakan daun juga memakan batang maupun akar. Kumbang Tribolium hidup dan berkembang di dalam tepung gandum. Larva kum-bang Tenebrio memakan butiran gandum. Kum-bang moncong, misalnya kumbang moncong kapas, kumbang moncong gudang, kumbang bubuk beras merugikan hasil panen tanaman budi daya, baik tanaman bahan sandal-1g maupun pa-ngan. Ada juga kumbang yang meriguntungkan. misalnya kumbang tanah (Carabidae) baik larva maupun dewasa adalah sebagai pemangsa, pem-basmi hama kebun. Larva kunang-kunang (Rena) memakan keong dan tiram. Kumbang koksi (Coccinellidae) memakan kutu daun, serangga sisik, wereng, dan tungau.

Ngengat (Michropterygidae), terbang malam hari dan berkumpul di sekitar bola lampu yang menyala. Kehadirannya mengganggu kenya-manan, sementara bangkainya bertaburan di bawah bola lampu. Ngengat pakaian (Tineidae) membuat lubang di pakaian wol. Ada juga yang memakan gundukan tanah dan debu yang terdapat di tembok rumah sehingga memberi kesan tidak baik. Larva ngengat kambing (Cossidae) merusak kayu. Larva ngengat bersayap terawang (Ae-geriidae) merusak batang dan ranting tumbuhan. Larva ngengat penggulung daun merusak batang potion dan buah. Ulat ngengat (Dasychira) tubuh-nya penuh ditumbuni bulu dan apabila tertusuk, bulu tersebut patah dan menyebabkan gatal serta radang.

Berbagai macam lalat umumnya merugikan. Lalat rumah (Muscidae) dapat menyebarkan bak-teri penyakit karena kebiasaan hidupnya sering hinggap di sembarang tempat yang kotor. Lalat tsetse dapat menularkan penyakit tidur di antara manusia dan binatang ternak. Lalat hitam (Simuliidae) menyerang ternak dengan ganas. Lalat ini mengerumuni dan menggigit sehingga ter-nak dapat terbunuh dalam beberapa jam saja. Lalat buah (Drosophyla) sangat tertarik oleh bau dari buah yang ranum. Karena berkembang-biaknya cepat dan jumlah kromosomnya sedikit maka lalat ini sering dipelihara untuk percobaan genetika.

terus ke pembuluh tracheae. Ada 2 pembuluh tracheae di bagian kiri kanan tubuh, masing-masing bercabang-cabang hingga langsung ke sel. Karbon dioksida yang dilepaskan dari sel juga diangkut melalui pembuluh ini untuk dilepaskan ke udara bebas.
Alat pencernaan terdiri atas mulut, kerong-kongan, lambung. empedal, usus, dan anus. Pro-ses pencernaan berlangsung di luar sel. Pada usus akhir bermuara saluran malpigi. Saluran malpigi adalah alat ekskresi. Zat yang tidak berguna dari saluran malpigi ini dikeluarkan bersama faeses melalui anus.
Bagaimana perkembangbiakan serangga? Serangga jantan membuahi serangga betina. Pem-buahan biasanya berlangsung di dalam tubuh serangga betina. Telur yang sudah dibuahi setelah beberapa lama menetas menjadi larva. Ada yang mengalami perubahan bentuk (metamorfosis) dan ada juga tanpa mengalami metamorfosis. Lalat, tawon, kupu-kupu, dan sejenisnya memerlukan masa berkepompong sebelum menjadi dewasa. Metamorfosis ini disebut metamorfosis sempurna. Pada jangkrik, lipas, dan sejenisnya perubahan bentuk dari telur hingga dewasa tanpa melalui masa berkepompong. Metamorfosis seperti ini di-
sebut metamorfosis tidak sempurna.
Tiap ruas terdapat 1 atau 2 simpul saraf yang bercabang-cabang ke tepi-tepi ruas. Tiap simpul saraf dihubungkan oleh benang saraf sehingga membentuk sistem saraf. Sistem saraf seperti ini
disebut sistem saraf tangga tali.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

fungsi ovipositor pada serangga - fungsi ovipositor - fungsi ovipositor pada belalang - sebutkan peranan insekta bagi manusia - manfaat insecta - manfaat insekta - contoh hewan kelas insecta - hewan rengit - manfaat insecta bagi manusia - keuntungan dan kerugian insecta - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats