Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

tips sehat menjelang hari raya

Posted on | June 15, 2011 | No Comments

ilustrasi berbelanja

Lebaran sudah hampir tiba. Anda tentu sudah sibuk dengan persiapan menjelang hari raya seperti berbelanja ataupun rencana untuk mudik bersama keluarga guna berhari raya di kampung halaman.Tapi, jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat berpuasa hingga hari terakhir dan Anda bisa merayakan hari kemenangan ini bersama keluarga.

Seringkali, kesibukan menjelang hari raya bisa membuat kita tidak lagi memperhatikan kondisi fisik dengan baik. Akibatnya, pada saat lebaran tiba, kita justru tidak bisa ikut merayakannya bersama keluarga karena harus terbaring di tempat tidur karena sakit. Nah, agar itu tidak terjadi, tips berikut ini mungkin berguna untuk Anda agar tetap sehat dan bugar selama melaku­kan sernua kesibukan menjelang hari raya

Saat Berhelanja Kebutuhan Lebaran…

Berbelanja berbagai kebutuhan menje­lang lebaran memang cukup menyita waktu. Apalagi jika kesibukan yang satu ini dilakukan hanya beberapa hari menjelang hari lebaran tiba. Suasana pusat perbelanjaan dan pasar swalavan yang cukup padat tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk itu Anda perlu menyiasatinya agar kesibukan berbelanja tidak membuat lelah sehingga Anda tak perlu membatalkan puasa.

  • Berangkatlah lebih awal. Selain sinar matahari belum terlalu terik, Anda bisa lebih leluasa berbelanja jlka berangkat lebih awal.Jadi pada saat padat­padatnya orang di pusat perbelanjaan, Anda sudah selesai berbelanja dan siap untuk kembali kerumah.
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat dengan balk dan nyaman dikenakan. Selain itu, pilih juga alas kaki yang tidak membuat Anda tersiksa selama berkeliling di pusat perbelanjaan Sepatu bertumit sangat tinggi tentu bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda pilih,
  • Agar tidak perlu berkeliling terlalu, lama yang bisa membuat Anda lelah, siap­kanlah daftar berisi barang-barang yang harus dibeli. Ini sangat efektif  jika kebetulan Anda harus berbelanja barang cukup banyak
  • Siapkan botol berisi air putih atau teh manis serta makanan kecll, Ini sangat berguna kalau-kaiau Anda harus berbuka puasa di jalar atau saat harus mengantri di tempat-tempat makan di pusat perbelanjaan yang biasanya sangat padat. Seperti biasa, saat berbuka dengan menyantap makanan utama, pilihlah menu yang tidak terlalu berat agar perut tidak “kaget”.

Agar Bugar selama Perjalanan Mudik…

Jangan hanya karena Anda harus menempuh perjalanan panjang lantas puasa boleh dibatalkan. Asal tahu kiatnya, perjalanan mudik akan tetap terasa menyenangkan dan tidak menjadi siksaan yang membuat Anda terpaksa berbuka puasa sebelum waktunya. Inilah beberapa tips yang bisa dicoba agar Anda sekeluarga tetap sehat dan bugar selama mudik.

  • Pastikan kondisi tubuh Anda fit sehelum melakukan perjalanan

Beberapa penyakit ringan seperti batuk, sakit kepala, atau flu sebaiknya dlatasi dulu sebelum berangkat. Atau, bila memang sudah agak ringan, sediakan se4alu obat­obatan untuk mengatasinya. Jangan lupakan pula supIemen atau vitamin yang biasa Anda konsumsi agar tetap bugar selama di perjalanan. Pastikan obat anti mabuk, obat gosok, minyak kayu putih, obat luka, serta abet sakit kepala dan obat-obatan pribadi seluruh anggota keluarga berada di kotak obat yang Anda bawa.

  • Istirahat yang cukup

Sehari sebelum berangkat, istirahatlah yang cukup. Sebisa mungkin, tidurlah selama enam jam pada malam han agar tubuh terasa segar saat akan memulai perjalanan. Di perjalanan, sebisa mungkin, gunakan waktu Anda untuk beristirahat. Usahakan agar Anda sekeluarga sudah cukup beristirahat sehari sebelum hari keberangkatan.

  • Ciptakan suasana yang nyaman

Agar tetap nyaman selama di perjalanan, terutama untuk si kecil, jangan lupa membawa beberapa perlengkapan selama di perjalanan. Misalnya, bantal kecil atau mainannya serta memakaikannya pakaian yang nyaman dan tidak membuatnya kegerahan agar ia tidak rewel selama di jalan. Demikian pula jika ada orang Peluso lanjut yang ikut dalam perjalanan. Usahakan agar ia mendapatkan tempat yang agak iapang sehingga ia bisa beristirahat dengan nyaman selama di perjalanan.

Selama di perjalanan, usahakan agar berganti posisi duduk sesering mungkin agar tubuh tidak pegal dan peredaran darah di kaki lancar. Ini sangat penting, terutama bila Anda menempuh perjalanan dengan pesawat di mana selain ruang gerak yang sempit, tekanan udara juga turut memengaruhi Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa gerakan peregangan otot tubuh dan sesekali mefuruskan kaki selama beberapa saat. Selain itu, agar perjalanan tidak terasa lama dan melelahkan, berangkat pada waktu malam mungkin lebih baik, terutama jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

  • Siapkan bekal yang cukup

Jangan lupa menyiapkan bekal yang cukup untuk dimakan saat berbuka atau sahur selama di perjalanan. Pilihlah makanan yang tahan iama dan tidak terlalu merepotkan untuk disantap selama perjalanan. Yang juga tidak boleh dilupakan, siapkan minu­man dalam jumlah cukup banyak agar tidak kekurangan. Minuman manis dan hangat sebaiknya selalu tersedia di dalam termos yang anda bawa

  • Tahu kapan harus beristirahat sejenak

lni sangat berguna terutama untuk  Anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jangan pernah memaksakan diri untuk menyetir jika mata sudah terasa lelah, Lebih balk segera menepi sebentar untuk beristirahat barang 15 menit hingga setengah jam sampai Anda segar kembali dan bisa melanjutkan perjalanan. Jika memang memungkinkan, menyetir bergantian jelas akan sangat membantu Anda selama di perjalanan. Atau, bisa iuga dengan memanfaatkan waktu shalat untuk beristirahat sejenak di masjid atau mushala yang ada di sepanjang jalan. Yang Jelas, pastikan ada Leman yang bisa Anda ajak mengobrol untuk mencegah kantuk datang

sumber : majalah lisa edisi 11 -17 nov 2004

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

belanja bersama keluarga - berbelanja bersama keluarga - berbelanja buat lebaran - youtou obot haloperidol - tips menjelang lebaran tiba - tips mempersiapkan makanan di hari kemenangan - tips hari raya - tips berbelanja di hari raya - tips agar sehat menjelang lebaran - tip perbelanjaan raya - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats