Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

tips menghindari bahaya kesetrum listrik

Posted on | June 2, 2011 | No Comments

ilustrasi orang kesetrum

berikut ini sedikit tips agar listrik hanya bermanfaat dan menekan seminim mungkin bahaya yang ditimbulkan:

  1. Hindari pemakaian kabel murahan.
  2. Gunakan ukuran kabel yang sesuai.
  3. Sebisanya hindari/kurangi pemakaian ROL KABEL.
  4. Jangan meletakan rol kabel dilantai.
  5. Hindari pemakaian T connector.
  6. Pasang Grounding yang baik.
  7. Pasang ELCB.
  8. Jangan sayang uang dalam mengggunakan asesoris listrik ( steker, stop-contact, kabel , dll. ) yang berkualitas dan aman.
  9. Bila menyambung kabel, sambunglah dengan cara yang benar

Tips-1:
Kabel murahan kadang tidak sesuai spesifikasi- nya. Sering juga tembaganya keluar dari isolasi, gampang terkelupas dll. Berikut merek kabel yang berkualitas: Jembo, Federal, Supreme, Kabelindo, GT kabel dan masih banyak kabel import.

Tips-2
Bila ukuran kabel terlalu kecil maka kabel akan panas selanjutnya dapat terbakar. Untuk rumah tangga yang berlangganan listrik 1 300VA kabel 1,5 mm cukup aman dipakai. Untuk listrik 2200VA sebaiknya gunakan kabel 2,5 mm. tapi ingat harus kabel yang bermerek!

Tips-3
Mungkin 75% rol kabel yang beredar dipasaran tidak memenuhi syarat atau jelek sekali kualitasnya. Kabel yang dipakai jika sangat kecil juga kontaknya gampang kendor sehingga peralatan elektronik anda cepat rusak.
Sebaiknya gunakan Stop Contact isi banyak kemudian rakit sendiri dengan kabel yang berkualitas. Kalau beli di pasar kenari bilang saja stop kontak buatan Jerman

Tips-4
Jangan sekali sekali menaruh rol kabel , stop kontak atau apapun yang mengandung listrik diatas lantai. Puluhan tahun yang lalu di Jawa Timur ada anak kecil meninggal ke-setrum gara gara NGOMPOL – air kencing-nya mengalir mengenai ROL KABEL. Taruhlah rol kabel, stop kontak pada tatakan yang aman kalau perlu di-sekrup di meja.

Tips-5
T connector tidak dianjurkan karena gerakan mekanik dapat membuat koneksinya tidak baik

Tips-6
Pernah anda berkaraoke kemudian bibir anda tersengat listrik?… itu karena peralatan elektronik anda tidak terhubung dengan Grounding!

Tips-7
Anda dapat menghemat 25 ribu rupiah karena menunda penggantian peralatan listrik dengan kualitas yang lebih baik tapi kemudian mendapatkan peralatan elektronik anda menjadi sering rusak.

Tips-8
Tidak benar menyambung kabel hanya di pelintir saja kemudian di isolasi – ini dapat mengakibatkan kebakaran lho. Juga bisa membuat orang kesetrum. Yang benar anda harus memakai terminal kabel. Kemudian di masukkan kedalam box. Kalau terlalu merepotkan maka GANTI saja dengan kabel yang baru, jangan ngirit !

Catatan:
Apa itu ELCB ?
ELCB
= Earth Leak Circuit Breaker. Listrik mengalir dari kabel (phase) positip ke negatif karena arusnya tertutup. Arus di kedua kabel tadi akan sama besarnya.

Nah kalau ada arus yang bocor keluar misalnya kulkas anda dipegang nyetrum atau mesin cuci anda mbodi atau setrika anda bocor atau ADA ORANG KESETRUM maka berarti ada arus bocor dan ELCB tadi akan memutuskan arus dirumah anda (njeklek) sebelum orang yang kesetrum tadi meninggal (kecuali jantungan Lho). ELCB banyak di pasaran kok.
Itu tadi sedikit tip dari saya, bukannya saya sok pinter lho, tapi saya tidak rela jika ada orang meninggal karena ke-setrum.

Salam,
Bapak IW. Jakarta

sumber :

Bunga Rampai
pertukaran pengalaman dan informasi
hasil suntingan posting milis
peduli-autis@puterakembara.org

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

kulkas nyetrum - penyebab mesin cuci nyetrum - cara menghindari tersengat listrik - penyebab kulkas nyetrum - tips agar tidak kesetrum - cara agar tidak kesetrum - mesin cuci nyetrum - pengertian elcb - bahaya kesetrum - Tips agar tidak tersengat listrik - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats