Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Soal ujian SNMPTN 2011 Bocor saat Didistribusikan

Posted on | June 3, 2011 | No Comments

penyelenggaraan snmptn tahun 2011 ternoda lagi, bagaimana tidak, panlok Unhas mensinyalir soal SNMPTN sudah bocor sebelum ujian dilaksankan, berarti diantara mahasiswa sudah ada yang mengantongi jawaban sebelum ujian dimulai

berikut kutipannya :

Panitia Lokal (Panlok) 80 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyayangkan beredarnya kunci jawaban di kalangan peserta dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Makassar.

Panlok Unhas mensinyalir naskah soal SNMPTN yang dicetak di Unhas ini telah bocor sebelum ujian dilaksanakan. Humas Panlok 80 Unhas Dahlan Abubakar mengungkapkan, sangat mungkin ada oknum-oknum yang bermain saat naskah ujian tersebut didistribusikan ke 13 perguruan tinggi di seluruh panitia lokal di wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Apalagi, naskah ujian tidak dibawa panitia sampai ke kampus masing-masing, melainkan hanya dititip di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Dia membantah dugaan kebocoran soal terjadi saat masih dalam proses percetakan di Unhas.

Gedung percetakan dijaga ketat petugas kepolisian serta satpam kampus.Demikian halnya persiapan pracetak sejak naskah dalam bentuk soft copy dari pusat telah dikawal ketat kepolisian. Karena itu, sangat memungkinkan naskah soal bocor saat didistribusikan ke wilayah Papua,Maluku,Maluku Utara. “Kalau di Unhas,mustahil terjadi kebocoran naskah ujian, sebab pengawasan ketat dilakukan di luar dan dalam gedung dan dijaga polisi.Korwil pengadaan soal adalah UNM. Naskah dicetak di Unhas, tapi pengawasan dilakukan dan yang melakukan distribusi adalah UNM.Saya melihat distribusi soal dilakukan pada malam hari,” kata dia kepada SINDOdi Makassar,kemarin.

Kendati demikian, pihaknya tidak menuding UNM sebagai pihak yang bertanggung jawab atas dugaan bocornya naskah SNMPTN ini.Pihaknya masih mendalami kasus beredarnya kunci jawaban ini. Dia mengatakan, soal SNMPTN seragam di 13 perguruan tinggi yang masuk dalam satu wilayah yang dikoordinasi dari Makassar. Jaringan kejahatan yang membocorkan naskah SNMPTN ini diduga kuat di luar Makassar yang terkoneksi dengan sindikat yang ada di kota ini.

Kendati demikian,butuh pembuktian dari pihak berwajib. Selain itu, pihaknya akan memastikan lagi akurasi kunci jawaban yang beredar.“Jika pola jawaban yang diberikan sama dengan pola soal 100%, kemungkinan soal bocor. Yang jelas,para peserta yang mendapatkan kunci jawaban didiskualifikasi,” ungkapnya. Dia justru mempertanyakan mengapa kecurangan peredaran kunci jawaban hanya ditemukan pengawas di Unhas, sedangkan di tempat lain tidak ada,termasuk di UNM. Koordinator Humas dan Publikasi Panlok UNM Hasnawi Haris mengakui pengawas tidak menemukan kunci jawaban yang beredar di Panlok UNM.Pengawasan sudah dilakukan ketat dengan menempatkan pengawas 1:10.

Namun, tidak ditemukan adanya peserta yang curang. “Setiap 10 peserta diawasi satu pengawas. Jadi kalau 20 peserta dalam ruangan, ada dua pengawas yang bertugas di situ. Ada berita acaranya semua,”ujar dia. Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Arismundar membantah terjadinya kebocoran naskah soal.Setiap proses penyerahan naskah SNMPTN dilengkapi berita acara sehingga sulit terjadi kebocoran soal. “Naskah soal dari panitia pusat itu dicetak di Unhas. Semua dilengkapi berita acara. Di kampus,ada petugas kepolisian yang menjaga naskah soal itu,”ungkapnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar mengaku belum menelusuri kemungkinan kebocoran naskah soal SNMPTN saat distribusi.Namun, kasus ini akan mengarah pada kebocoran soal,sebab terdapat kesamaan antara soal yang diperlihatkan dengan soal yang dikerjakan di ruang ujian. Guna memastikan hal tersebut, pihaknya masih melihat akurasi jawaban yang beredar. Perwira dua melati ini mengatakan, saat ini pihaknya fokus memburu pengedar kunci jawaban tersebut.Salah satunya yang diduga terlibat adalah salah satu bimbingan belajar (bimbel) di Makassar.

Bimbel tersebut diduga kuat terlibat membantu peserta dengan memberikan jawaban melalui pesan singkat atau SMS. Dugaan keterlibatan bimbel di Makassar ini diperkuat dari keterangan peserta yang tertangkap tangan membawa kunci jawaban. “Hasil pemeriksaan sementara, ada peserta yang terbuka dan mengaku dibantu tentor bimbingan belajar. Namun, masih perlu diklarifikasi dengan memeriksa oknum tersebut,” papar Himawan. Sementara itu, setelah diperiksa, polisi melepas 12 peserta SNMPTN yang tepergok melihat kunci jawaban.

Para peserta tersebut sempat diamankan polisi dan Panitia Lokal 82 Unhas atas dugaan kecurangan yang dilakukannya. “Sudah diambil keterangannya dan ke-12 orang sudah dipulangkan. Bukan karena tidak cukup alat bukti, tapi kami masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pihak lain.Jadi belum ada tersangka,”ucapnya.

Preseden Buruk

Ditemukannya kunci jawaban SNMPTN dan pelaku kecurangan menjadi preseden buruk bagi dunia pendidikan di Sulsel. Sekretaris Komisi E DPRD Sulsel Jafar Sodding mengatakan, kejadian itu telah mencoreng kualitas pendidikan anak didik di daerah ini. Seharusnya hal itu tidak terjadi di tengah giat-giatnya Pemprov meningkatkan kualitas pendidikan di semua tingkatan. “Pelaksanaan SNMPTN ini yang terburuk karena jumlah pelaku kecurangan semakin banyak. Dibandingkan tahun lalu, meski ada, tidak seperti sekarang ini,”ungkapnya.

Tidak sulit bagi penegak hukum mengusut kasus ini, sebab sudah ada yang tertangkap. Namun, para pelaku diharapkan tidak bebas seperti kasus tertangkapnya joki saat pelaksanaan ujian nasional (UN) beberapa waktu lalu. Seputar Indonesia-syamsu rizal/ suwarny dammar

sumber : di copas dari http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2546:naskah-soal-bocor-saat-didistribusikan&catid=44:info-terkini&Itemid=139

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

naskah soal snmptn 2011 - ujian teks unhas - percetakan unhas - soal tes snmptn unhas 2011 pdf - naskah snmptn 2011 - soal snmptn bocor - soal snmptn 2011 panlok unhas - soal snmptn 2011 - soal snptn 2011 unhas fakultas kedokteran - Soal dan kunci snmptn dimensi tiga - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats