Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

penjelasan pengukuran LiLA (Lingkar Lengan Atas)

Posted on | June 16, 2011 | No Comments

Pengukuran LILA bertujuan untuk mendapatkan gambaran status gizi klien. Pada pasien yang tidak dapat diukur berat badannya (misalnya pada pasien bed rest “on bed” seperti stroke, dll), selain pengukuran albumin, cara ini merupakan cara yang cepat dan praktis. Nilai ini nantinya akan dibandingkan dengan nilai standar sesuai golongan usianya.

Pada ibu hamil (bumil) pengukuran LILA merupakan deteksi dini Kurang Energi Kronis (KEK). Bumil yang KEK berpotensi melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). BBLR berkaitan dengan volume otak dan IQ seorang anak.

Sasaran : Wanita Usia Subur umur 15–45 tahun dan ibu hamil.

Alat : pita LiLA sepanjang 33 cm dengan ketelitian 0,1 cm atau meteran kain.

PERSIAPAN :

  1. Pastikan pita LiLA tidak kusut, tidak terlipat-lipat atau tidak sobek
  2. Jika lengan responden > 33cm, gunakan meteran kain
  3. Responden diminta berdiri dengan tegak tetapi rileks, tidak memegang apapun serta otot lengan tidak tegang
  4. Baju pada lengan kiri disingsingkan keatas sampai pangkal bahu terlihat atau lengan bagian atas tidak tertutup.

PENGUKU RAN:

Sebelum pengukuran, dengan sopan minta izin kepada responden bahwa petugas akan menyingsingkan baju lengan kiri responden sampai pangkal bahu. Bila responden keberatan, minta izin pengukuran dilakukan di dalam ruangan yang tertutup.

  1. Tentukan posisi pangkal bahu.
  2. Tentukan posisi ujung siku dengan cara siku dilipat dengan telapak tangan ke arah perut.
  3. Tentukan titik tengah antara pangkal bahu dan ujung siku dengan menggunakan pita LiLA atau meteran (Lihat Gambar), dan beri tanda dengan pulpen/spidol (sebelumnya dengan sopan minta izin kepada responden). Bila menggunakan pita LiLA perhatikan titik nolnya.
  4. Lingkarkan pita LiLA sesuai tanda pulpen di sekeliling lengan responden sesuai tanda (di pertengahan antara pangkal bahu dan siku).
  5. Masukkan ujung pita di lubang yang ada pada pita LiLA.
  6. Pita ditarik dengan perlahan, jangan terlalu ketat atau longgar.
  7. Baca angka yang ditunjukkan oleh tanda panah pada pita LiLA (kearah angka yang lebih besar).
  8. Tuliskan angka pembacaan

Keterangan:

Jika lengan kiri lumpuh, yang diukur adalah lengan kanan (beri keterangan pada kolom catatan pengumpul data).

  • Simpan pita LiLA dengan baik, jangan sampai berlipat-lipat.
  • Simpan pita LiLA dengan baik, jangan sampai berlipat-lipat atau sobek.

gambar pengukuran LiLA

Menentukan titik tengah antara pangkal bahu dan ujung siku dengan meteran

Lingkarkan dan masukkan ujung pita di lubang yang ada pada pita LILA. Baca menurut tanda panah

Menentukan titik tengah antara pangkal bahu dan ujung siku dengan pita LILA

sumber :

PEDOMAN PENGUKURAN DAN PEMERIKSAAN
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KESEHATAN DEPARTEMEN KESEHATAN RI JAKARTA

http://geasy.wordpress.com/2008/04/17/ini-bukan-mengukur-baju-ini-mengukur-lila/

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

pengukuran lila - Lingkar lengan atas - pita lila - cara mengukur lila - pengukuran lingkar lengan atas - cara mengukur lila ibu hamil - cara mengukur lila pada ibu hamil - cara mengukur lingkar lengan atas - pengertian lingkar lengan atas - lila ibu hamil - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats