Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

MANFAAT STUDI KELAYAKAN BISNIS (SKB)

Posted on | June 4, 2011 | No Comments

Berikut ini akan dijelaskan manfaat studi kelayakan bisnis (SKB). Seperti diketahui, basil dari suatu studi kelayakan bisnis adalah laporan tertulis. Isi laporan studi kelayakan bisnis menyatakan bahwa suatu rencana bisnis layak direalisasikan. Namun bisa saja terjadi ada pihak-pihak tertentu yang memerlukan laporan tadi sebagai bahan masukan ucama (Warn rangka mengkaji ulang un­tuk turut serta menyerujur atau sebaliknya menolak kelayakan laporan tadi sesuai dengan kepentingannya, Mungkin saja terjadi bahwa basil studi kelayakan yang telah dinyatakan layak ternyata pada akhirnya ridak dilaksanakan. Hal ini, misalnya, dapat disebabkan oleh perigambil keputusan akhir yang menolak karena adanya interverensi pihak lain yang merasa kepentingannya tidak terpenuhi.

Terlepas dari persoalan di atas, pihak-pihak yang membutuhkan laporan studi kelayakan bisnis itu dapat dijelaskan di bawah ini.

  1. Pihak Investor. Jika hasil studi kelayakan yang telah dibuat ternyata layak direalisasikan, pemenuhan kebutuhan akan pendanaan dapat muiai dicari, Misalnya dengan mencari in­vestor atau pemilik modal yang Mau turut serta menanamkan modalnya pada proyek yang akan dikerjakan itu. Sudah tentu calm investor ini akan mempelajari laporan studi kelayakan bisnis yang telah dibuat karena calon investor mempunyai kepentingan langsung tentang keuntungan yang akan diper­oleh serta jaminan keselamatan atas modal yang akan dita­namkannya.
  2. Pihak Kreditor. Pendanaan proyek dapat juga dipinjam dari bank. Pihak bank, sebelum memutuskan untuk memberikan kredit atau tidak, perlu mengkaji ulang studi kelayakan bisnis yang telah dibuat, termasuk mempertimbangkan sisi-sisi lain, misalnya bonalidicas dan tersedianya agunan yang dimiliki perusahaan.
  3. Pihak Manajemen Perusahaan. Studi kelayakan bisnis dapar dibuat oleh pihak (*sternal perusahaan maupun pihak inter­nal perusahaan (sendiri). Terlepas dari siapa yang membuat, pembuatan proposal ini merupakan upaya dalam rangka rne­realisasikan ide proyek yang ujung-ujungnya bermuara pada peningkaran usaha untuk meningkarkan laba perusahaan. Se­bagai pihak yang menjadi project leader sudah tentu pihak manajemen perlu mempelajari studi kelayakan itu, misalnya dalam hal pendanaan, berapa yang dialokasikan dari modal sendiri, rencana pendanaan dari investor dan dari kreditor.
  4. Pihak Pemerintah dan Masyarakat. Penyusunan studi kela­yakan bisnis perlu memperhatikan kebijakan-kebijakan yang retail ditetapkan oleh pemerintah karena bagaimanapun peme­rintah dapat, secara langsung maupun tidak langsung, mempe­ngaruhi kebijakan perusahaan. Penghematan devisa negara. penggalakan ckspor nonmigas dan pemakaian renaga kerja missal merupakan contoh-contoh kebijakan pemerintab di sektor ekonomi. Proyek-proyek bisnis yang membantu kebi­jakan pemerinrah inilah yang diprioritaskan untuk dibantu, misalnya dengan subsidi dan keringanan lain.
  5. Bagi Tujuan Pembangunan Ekonomi. Dalam menyusun stu­di kelayakan bisnis perlu juga dianalisis manfaat yang akan didapat dan biaya yang akan dirimbulkan oleh proyek terhadap perekonomian nasional. Aspek-aspek yang perlu dianalisis un­tuk mengetahui biaya dan manfaat tersebut antara lain ditinjau dari aspek Rencana Pembangunan Nasional, distribusi nilai rambah pada seluruh masyarakar, nilai investasi per tenaga kerja, pengaruh sosial, semi analisis kemanfaaran dan beban sosial. Jadi, jelas bahwa studi kelayakan bisnis yang dibuat perlu dikaji demi tujuan-tujuan pembangunan ekonomi nasio­nal.

sumber : studi kelayakan bisnis (Husein Umar)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

manfaat studi kelayakan bisnis - manfaat SKB - tujuan studi kelayakan bisnis - manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor - manfaat Study kelayakan Bisnis - kegunaan skb bagi calon investor - manfaat mempelajari studi kelayakan bisnis - manfaat studi kelayakan - tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis - studi kelayakan bisnis - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats