Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Cerebral palsy

Posted on | June 6, 2011 | No Comments

Cerebral palsy adalah “kelumpuhan otak”. Ini adalah kelumpuhan yang mem-pengaruhi gerakan dan posisi tubuh. CP berasal dari kerusakan otak yang ter-jadi sebelum bayi dilahirkan, pada waktu persalinan atau pada masa bayi.

Bila terjadi Cerebral Palsy (kesulitan gerakan karena kerusakan otak), tidak seluruh otak rusak, hanya bagian– bagiannya, terutama bagian–bagian yang mengontrol gerakan. Begitu rusak, bagian–bagian otak tidak pulih, dan juga tidak bertambah parah. Namun gerakan–ger-akan, posisi–posisi tubuh, dan masalah–masalah yang berkaitan dapat membaik atau semakin parah, tergan-tung dari bagaimana kita merawat anak dan seberapa kerusakan otaknya. Semakin dini kita mulai, semakin banyak perbaikan yang dapat dilakukan.

Bagaimana cara mengenali cerebral palsy?
Bayi yang memiliki cerebral palsy pada saat dilahir-kan terkadang lemas dan lunglai, atau terkadang terlihat normal.
Bayi mungkin segera atau mungkin tidak segera ber-napas, dan dapat menjadi biru serta lunglai. Terlambat bernapas adalah penyebab yang umum kerusakan otak.

Cerebral palsy

Anak menggantung dalam bentuk huruf U terbalik dan tidak atau sedikit saja bergerak.

  • Perkembangan lambat. Dibandingkan dengan anak-anak lain, anak itu lambat menegakkan kepala, duduk atau berjalan kesana kemari. Dia mungkin tidak meng-gunakan tangannya. Atau dia hanya menggunakan satu tangan, dan tidak mulai menggunakan keduanya.
  • Masalah Makan. Bayi mungkin mengalami kesulitan untuk menghisap, menelan dan mengunyah. Dia mung-
  • kin sering tersedak. Bahkan ketika anak tumbuh lebih besar, ini dan masalah makan lainnya mungkin terus berlanjut.
  • Kesulitan komunikasi. Bayi mungkin tidak memberi respons atau reaksi seperti bayi–bayi lain. Ini sebagian mungkin karena kelunglaian, kekakuan atau tidak ad-anya gerakan–gerakan lengan, atau control otot-otot wajah. Juga, anak mungkin lambat mulai bicara. Ke-mudian beberapa anak mengembangkan kemampuan bicara yang tidak jelas atau mengalami kesulitan bicara lainnya.
  • Intelegensi. Kira–kira separuh dari anak–anak cere-bal palsy beretardasi mental, tetapi ini tidak boleh terlalu cepat ditetapkan. Anak perlu dibantu dan dilatih untuk menunjukkan seperti apa dia sebenarnya.
  • Pendengaran dan penglihatan. kadang – kadang terpengaruh. Amatilah anak dengan cermat dan ujilah dia untuk mengetahui seberapa baik dia dapat mende-ngar dan melihat.
  • Serangan (epilepsy, kejang) terjadi pada beberapa anak cerebral palsy.
  • Perilaku gelisah. Perubahan–perubahan suasana hati yang tiba–tiba dari tertawa menjadi menangis, ta-kut, marah, dan perilaku yang sulit lainnya mungkin terjadi. Anak–anak ini membutuhkan banyak bantuan dan kesabaran untuk mengatasi rasa takut dan perilaku mereka yang tidak biasa.
  • Refleks – refleks yang abnormal. Sentakan–sen-takan lutut dan refleks–refleks urat otot menyentak lain-nya biasanya over-aktif.

Jenis-jenis cerebral palsy
Cerebral palsy berbeda-beda pada tiap anak. Kare-nanya jenis-jenis cerebral palsy tertentu pada anak bisa diberi nama. Namun ada 3 cara utama bagaimana cere-bral palsy kelihatan dan bisa dikenali:

- Kekakuan Otot atau “Spastisitas”
Anak yang “spastik” mengalami kekakuan otot, atau “ketegangan otot”. Ini menyebabkan sebagian tubuhnya menjadi kaku. Gerakan-gerakan lambat dan canggung. Sering kali posisi kepala memicu/menyebabkan posisi-posisi seluruh tubuh yang abnormal.
- Gerakan-gerakan tak terkontrol atau “athetosis”
Ini adalah gerakan-gerakan kaki, lengan, tangan atau otot-otot wajah anak yang lambat, bergeliat-geliut, atau tiba-tiba dan cepat.

Gerakan-gerakan tak terkontrol / uncontrolled movements

uncontrolled movements

- Kurang Keseimbangan atau “Ataxia”
Anak-anak yang mengalami ataxia atau keseimban-gan buruk, mengalami kesulitan untuk mulai duduk dan berdiri. Dia sering jatuh, dan sangat canggung meng-gunakan tangannya.
Untuk menjaga keseimbangannya, anak ataksia ber-jalan membungkuk ke depan dengan kaki terpisah le-bar. Dia melangkah tidak teratur, seperti pelaut di laut yang ganas gelombangnya atau seperti orang mabuk.

Kurang Keseimbangan / poor balance

poor balance

Apa saja penyebab cerebral palsy?
Pada setiap anak cerebral palsy, bagian-bagian otak yang rusak berbeda. Sebab-sebabnya sering sulit dite-mukan.

Sebab-sebab sebelum kelahiran:

  • Infeksi yang dialami ibu ketika dia hamil. Ini termasuk campak Jerman dan penyakit ruam syaraf/herpes zoster. – Perbedaan antara darah ibu dan anak (ketidakcoco-kan Rh).
  • Masalah-masalah pada ibu, seperti diabetes atau toksemia (keracunan kandungan).
  • Diturunkan. Ini jarang terjadi, tetapi ada ‘paraplegia spastik familial’.
  • Penyebab tidak dapat ditemukan pada kira-kira 30% anak.

Sebab-sebab sekitar waktu kelahiran:

  • Kurangnya oksigen (udara) waktu lahir. Bayi tidak cu-kup cepat bernapas dan menjadi biru serta lemas. Di beberapa daerah, penyalahgunaan hormon (oxytocics) untuk mempercepat persalinan dan mempersempit pembuluh-pembuluh darah di kandungan sedemikian banyak, sehingga bayi tidak mendapat cukup oksigen. Bayi lahir biru dan lunglai-dengan kerusakan otak.
  • Cedera waktu lahir. Ini kebanyakan adalah bayi-bayi yang besar dari ibu yang kecil atau sangat muda. Ke-pala bayi mungkin terdorong sehingga mengalami ke-lainan bentuk, pembuluh-pembuluh darah terkoyak, dan otak rusak.
  • Prematur. Bayi-bayi yang lahir sebelum 9 bulan dan beratnya dibawah 2 kg (5 pon) jauh lebih besar kemung-kinannya terkena cerebral palsy.

Sebab-sebab setelah lahir:

  • Demam yang sangat tinggi yang disebabkan karena infeksi atau dehidrasi (kehilangan cairan karena diare). Ini lebih umum terjadi pada bayi yang diberi minum dari botol.
  • Infeksi otak (meningitis, encephalitis). Ada banyak penyebabnya, termasuk malaria dan tuberkulosa. – Cedera Kepala.
  • Kurang oksigen karena tenggelam, keracunan gas atau sebab-sebab lain.
  • Keracunan dari lapisan-lapisan timah pada gerabah, pestisida yang disemprotkan pada hasil pertanian, dan racun-racun lain.

sumber :

Oleh tim HI dan tim P2K. Disarikan dari Anak-anak Desa yang Menyandang Cacat, Pedoman bagi para pe-tugas kesehatan masyarakat, petugas rehabilitasi dan keluarga

MAJALAH KESEHATAN UNTUK PEKERJA KESEHATAN INDONESIA DIPUBLIKASIKAN OLEH AIDE MÉDICALE INTERNATIONALE

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

cerebral palsy pada anak pdf - cara mengatasi kerusakan laut - gambar anak cerebral palsy - cerebral palsy - makalah cerebral palsy - jenis-jenis cerebral palsy - cerebral palsy adalah pdf - cerebral palsy adalah - makalah cerebral palsy pada anak - anak cerebral palsy - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats