Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

bentuk-bentuk rapat / pertemuan

Posted on | June 27, 2011 | No Comments

ilustrasi

Untuk menambah pengetahuan bagi mereka yang kegi­atannya di bidang pidato, maka perlu diuraikan sekedarnya tentang bentuk-bentuk pertemuan (rapat-rapat).

Bentuk-bentuk pertemuan atau berkumpulnya orang banyak, baik karena diundang, karena mendengarkan pengumuman atau melalui pemberitahuan lewat surat-surat kabar, adalah sebagai berikut:

1. Rapat Umum (Massa Meeting).

  • Secara umum, artinya semua orang baik pria maupun wanita, pemuda, pelajar, petani, buruh dll. tanpa
  • Tempatnya distadion, lapangan atau alun-alun.
  • Terbuka untuk umum,
  • Undangan sekian ratus ribu orang hanya melalui siar­an-siaran keliling, radio, dlsb.

2. Rapat umum terbatas.

  • Secara umum.
  • Tempatnya dalam ruangan, dus terbatas menurut ke­mampuan ruangan itu menampung pengunjung.
  • Sebagian besar dengan undangan.

3. Rapat Intern.

Adalah rapat yang hanya dihadiri oleh warga atau ang­gota-anggotanya sendiri. Misalnya rapat Intern dari partai A, partai B, perkumpulan Koperasi A, B, dst.

4. Rapat Ekstern.

Adalah rapat yang diadakan oleh sesuatu organisasi dengan mengundang organisasi lain.

5.Sidang.

Yang disebut sidang adalah pertemuan antara pengurus atau antara pengurus dan seluruh anggota, untuk mem­bicarakan sesuatu, kemudian diambilnya suatu kepu­tusan yang dimufakati bersama. Dengan demikian, istilah sidang adalah bagi sesuatu lembaga yang menga­dakan musyawarah untuk mencapai keputusan. Dus dibidang legeslatip. Sidang pleno, adalah sidang leng­kap dengan seluruh anggota dan anggota pengurus lengkap. lstilah sidang pleno kini kebanyakan disalin dengan istilah sidang paripurna.

Dengan istilah sidang adalah bermusyawarah mencapai mufakat, yang lazim menggunakan istilah “sidang” tsb. adalah Lembaga yang merupakan Dewan. seperti DPR, Dewan Partai, dlsb.

6. Musyawarah.

Adalah indentik dengan sidang. Dan sejalan dengan pe­ngetrapan Demokrasi Pancasila, maka kita lebih cen­derung untuk- menggunakan istilah musyawarah dari­pada istilah sidang. Musyawarah lebih dijiwai oleh se­mangat kekeluargaan dan putusan sejauh mungkin diambil dengan jalan musyawarah untuk mufakat bersama. Berbeda sedikit dengan sidang, dimana masih terbukanya ketentuan formal adanya suarayang terbanyak menjadi menang.

sumber : tuntunan berpidato (S. Suryo Untoro)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

bentuk-bentuk rapat - bentuk rapat - bentuk bentuk rapat - bentuk-bentuk ruang rapat - macam-macam bentuk ruang rapat - BENTUK RUANG RAPAT - bentuk bentuk ruang rapat - bentuk-bentuk pertemuan - pertemuan rapat - jenis ruang rapat - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats