Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Penggabungan/kerjasama antara Perusahaan

Posted on | May 25, 2011 | No Comments

Penggabungan ataulerja sama antara perusahaan-perusahaan dilakukan dengan alasan membatasi persaingan. Kerja sama itu kita jumpai antara lain:

Kartel

Kartel berarti suatu kerja sama antara perusahaan-perusahaan sejenis,  yang masing-masing tetap berdiri sendiri untuk waktu tertentu dengan tujuan menguasai pasar.

macam-macam kartel

  1. kartel rayon (kartel wilayah) dimana wilayah penjualan dibagi-bagi antara anggota kartel
  2. Kartel syarat, di sin i ditentukan syarat-syarat tertentu yang harus ditaati oleh anggota, seperti syarat penjualan, pengiriman, pembayaran, syarat kualitas, dan sebagainya.
  3. Kartel harga, ditetapkan harga minimum. Kartel ini dapat dibuat mencakup daerah regional ataupun internasional, misalnya penetapan harga sewa kamar untuk hotel-hotel, penetapan harga jual minyak mentah bagi negara-negara yang tergabung dalam OPEC, dan sebagainya.
  4. Kartel kalkulasi, ditetapkan aturan-aturan untuk menghitung harga pokok.
  5. Sindikat pembelian (kartel pembelian), ditetapkan aturan-aturan tentang pembelian.
  6. Sindikat penjualan (kartel penjualan), ditetapkan segala penjualan basil produksi harus dilaksanakan oleh sindikat.
  7. Kartel produksi, ditetapkan jatah produksi untuk anggota-anggota. Jika produksinya lebih, dikenakan denda. tetapi bila kurang diheri subsidi. lni tujuannya guna membatasi kemungkinan over produksi (produksi berlebihan).

Sudah jelas kartel ini mempunyai beberapa keuntungan dan kelemahannya. Keuntungannya ialah:

  • Harga dapat dikuasai dan stabil
  • Keuntungan dapat terjam in
  • Perusahaan masih bebas berdiri sendiri

Akan tetapi, kelemahannya ialah, jika tidak diatur dalam Perundang¬undangan, bentuk kartel ini dapat menjurus ke arah monopoli yang akan merugikan masyarakat. Kelemahan lain ialah perusahaan terikat, tidak bebas lagi menaikkan atau menurunkan harganya.

Pool

Pada perusahaan angkutan. guna menentukan tarif-tarif trayek, kita kenal ada traffic pool dan money pool. Traffic pool ialah memberikan jumlah

muatan kepada anggota dalam setahun. Anggota yang lebih banyak. rnemperoleh penumpang dari yang telah ditetapkan, harus menyerahkan penerimaannya kepada anggota yang kurang. Pada Money Pool. semua anggota harus menyerahkan seluruh pendapatannya kepada pool, kemudian dibagi-bagi menurut perbandingan tertentu.

Trust

Trust berarti penggabungan perusahaan yang, tadinya berdiri sendiri, menjadi satu fusi, baik dipandang dari sudut ekonomi maupun dari sudut hukum.

Penggabungan ini bisa dengan cara:

  • datar (horizontal). misalnya industri sejenis digabungkan menjadi satu industri besar.
  • tegak (vertikal), perusahaan dalam kolom-kolom perusahaan-perusahaan digabungkan menjadi satu.
  • sejajar, misalnya usaha/perdagangan beberapa jenis barang digabungkan.

Tujuan didirikannya trust ialah untuk bekerja lebih efisien dan men ingkatkan posisi perusahaan dalam dunia persaingan. Trust memiliki keuntungan-keuntungan sebagaii berikut:

  • Perusahaan yang berjalan kurang efisien dapat ditutup.
  • Daerah operasinya dapat lebih luas.
  • Dapat diangkat pimpinan yang lebih cakap, dan manajer profesional yang mampu menerapkan teknologi mutakhir.
  • Perusahaan betul-betul berjalan atas efisiensi tinggi dan rasional.

Holding Company

Dalam hal ini sebuah perusahaan induk memiliki sebagian besar saham­saham dari perusahaan lain, sehingga dia mempunyai mayoritas suara. Tetapi perusahaan lain tersebut secara yUridis tetap berdiri. hanya secara ekonomis dikuasai oleh perusahaan sentral. Alasan mengapa holding company dibentuk ialah untuk pembagian risiko dan mempererat kerja sama antara perusahaan yang dikuasai dan menyamakan dividen. Sekarang berituk holding company ini banyak disukai para pengusaha besar atau konglomerat. Sebuah perusahaan induk holding company mempunyai puluhan bahkan ratusan perusahaan di bawah kekuasaannya. Ini dapat terjadi karena perusahaan induk menclirikan perusahaan baru atau mengakuisisi perusahaan lain. Struktur perusahaan mereka itu bak pohon rindang yang mempunyai banyak cabang dan ranting. Holding diperlukan untuk mengawasi dan mengendalikan perilaku. anak-anak perusahaan agar arah usaha anak-anak perusahaan menjadi sinkron. tidak sating tindih dan sesuai dengan visi besar perusahaan induk. Pembentukan holding company merupakan jawaban terhadap tantangan dunia usaha yang makin kompetitif. masing-masing perusahaan dapat bekerja sama menghadapi saingan perusahaan sejenis. Tugas holding dalam hal ini tidak kaku dan disiplin tinggi, tapi tetap memberi kebebasan dan kelltwesan kepada anak-anak perusahaan. Holding hanya memberi arah kebijaksanaan, memberikan dan mencarikan sumber dana guna mengembangkan Strategic Business Unit (SBU). Wewenang holding tidak mencampuri operasional SBU, agar tidak menciptakan sistem birokrasi usaha.

sumber : pengantar bisnis hal 39 – 41 (DR Buchari Alma)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

kerjasama antar perusahaan - PENGGABUNGAN PERUSAHAAN - contoh perusahaan trust - kerjasama trust - penggabungan kerjasama antar perusahaan - tugas holding company - perusahaan sindikat - contoh penggabungan perusahaan kartel - kelebihan dan kelemahan kartel - kolom-kolom perusahaan - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats