Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

pembentukan holding company

Posted on | May 25, 2011 | No Comments

Terbentuknya holding company dapat melalui berbagai cara berikut:

1)    Akuisisi.
Dalam satu perusahaan mengambil alih dengan membeli perusahaan lain yang sudah lama berdiri. Akuisisi ini akan lebih memperlancar jalannya usaha, karena perusahaan lama sudah jalan, memiliki sumber bahan baku, pasar sasaran dan sebagainya.
2)   Menyerahkan pemilikan perusahaan kepada satu perusahaan.
Misalnya perusahaan PT Semen Gresik berperan sebagai holder, dan menerima penyerahan beberapa perusahaan lain, sehingga mempermudah koordinasi operasional.
3)    Melepaskan unit usaha menjadi perusahaan baru yang berdiri sendiri.
Misalnya suatu perusahaan besar melepaskan unit usahanya menjadi unit yang berdiri sendiri. Misalnya PLN melepaskan unit pembangkit listrik di Jawa dan Bali untuk menjadi dua anak perusahaan barn, menjadi PT Pembangkit Jawa Bali I dan PT Pembangkit Jawa-Bali 11.
4)    Mendirikan perusahaan baru
Karena demikian besarnya modal yang ada pada perusahaan holding, maka holding ini dapat saja mendirikan perusahaan baru. Misalnya sebuah holding perusahaan percetakan dan penerbit melihat ada bisnis lain yang menguntungkan maka mungkin saja didirikan perusahaan kontraktor bangunan atau perusahaan pembangunan jalan tol.
Faktor Pendorong Berdirinya Holding Company
Beberapa faktor yang mendorong didirikannya bentuk Holding ini ialah:

1) Masalah Perencanaan Pajak •

Dividen yang diterima oleh perusahaan Holding, tidak dianggap sebagai pendapatan yang dapat dikenakan pajak asal perusahaan induk memiliki lebih dari 21% saham anak perusahaan, dan di antara kdua usaha itu terdapat integrasi ekonomis, baik dalam proses produksi maupun dalam sektor kegiatan ekonomi yang dilakukan. Dengan dem ikian keuntungan yang diperoleh dapat tetap dipertahankan dalam perusahaan dan tidak perlu berkurang setelah membayar pajak penghasilan.
2)    Bisnis sinergi
Beberapa anak perusahaan yang berada di bawah satu induk, akan berusaha masing-masing dan juga saling bekerja sama, se.hinirga akan menimbulkan sinergi yang luar biasa dalam mendatangkan keuntungan, dan perluasan usaha. Bisnis sinergi ini sangat mendorong terjadinya perusahaan holding. Dengan alasan memanfaatkan kemampuan yang menonjol dalam produksi, teknologi, distribusi atau dalam proses produksi, diperkirakan akan memberi manfaat yang leb,ih besar bagi perusahaan, maka dibuatlah group-group perusahaan di bawah satu holding.
3)    Aliansi Strategis
Holding sudah mempunyai satu tujuan yang akan dicapai. Dengan membuat anak-anak perusahaan, maka tujuan itu akan mudah dicapai, terutama dalam pencapaian tujuan-tujuan yang strategis, dalam bidang penguasaan sumber bahan baku, proses produksi, transportasi dan penguasaan pangsa pasar, dan sebagainya

4) Pemupukan Modal
Pemupukan modal akan lebih mudah terlaksana, karena banyak perusahaan anak yang dikuasai. Pemilikan modal besar akan lebih memudahkan perusahaan holding mengambil alih sampai 51 % saham dari perusahaan yang diakuisisi.

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

cara pembentukan holding company - proses pembentukan holding company - cara membuat holding company - pembentukan holding company - PROSES TERJADINYA HOLDING COMPANY - cara membuat anak perusahaan - syarat pendirian holding company - cara mendirikan holding company - buku holding company - cara terbentuknya holding company - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats