Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Eksekutif – Apa itu Eksekutif

Posted on | May 26, 2011 | No Comments

Apa itu Eksekutif

Eksekutif ialah seseorang yang bertang.gungjawab terliadap basil pekerjaan orang lain yang ada di bawah per2awasannya. Dia adalah perantara antara perintah yamg diberikan oleh administrasi dan pekerja. Sebagai seoranu supervisor, seorang eksekutif harus mahir menerjernahkan policy perusahaan dan juga mampu mem buat keputusan. Sebagai pembuat keputusan dia harus meutiliki pengrerrian dan kernampuan dalani beherapa keterarnpilan (skills)

  • technical skills
  • human relation skills
  • conceptual skills
  • decision making skills
  • time management skills (Ebert dan Griffin, 2000: 117)
  • Technical kills merupakan keteranipilan yang harus dimiliki seseorang untul, melakukan pekerjaan khusus. misalnya seorang Sekretaris harus terampil mengetik. komputer. seorang ilustrator harus terampil mengggambar. akuntan mampu mengaudit dan sebagainya. Seseorang dapat meng.embangkan keterampilan ini melalui pendidikan, pelatihan. dan pengalarnan. Keterampilan teknik ini sangat periling bagi first-line managers. Kebativakan inanajer level int, banyak sibuk membantu para pegawainna yang memperoich masalandalam pekerjaannya. Adakalanva eksekulif harus melatih karvawan. memberi petunjuk-petunjuk teknis sebelum memulai pekerjaan. kemudian harus mengawasi dan mengoreksi hasil pekerjaan karyawan tersebut.
  • Human Relation skills. Ini merupakan keterampilan manajer untuk bekerja secara efektif dengan orang lain atau dengan kelompok karyawan. Keterampilan ini diperlihatkan dalam bentuk bagaimana dia memperlakukan bawahan, melaksanakan tugas dan bagaimana dia berhubungan dengan relasi. ramah, sopan, grogy,  percaya diri, tidak sabar emosional dan sebagainya eksekutif yang kurang human skills ini akan menimbulkan masalah dengan baqwahan dan dengan orang lain dan bahkan menimbulkan kemerosotan moral dan semangat kerja karyawan. Walaupun sebenarnya keterampilan kemanusiaan ini penting, bagi semua orang, namun ini sangat penting bagi middle managers. Manajer ini banyak hubungannya dengan top managers dan first line managers dan manajer-manajer lainnya.
  • Conceptual Skills : keterampillan ini ialah kemam;puan eksekutif untuk melihat perushaan secara keseluruhan, bagaimana bagian bagian saling tergantung dan apa yang akan terjadi bila ada sesuatu yang berumbah. Eksekutif harus mampu berpikir abstrak, bisa membayangkan, mendiagnosa, dan menganalisis setiap situasi yang mungkin berbeda, dia bisa memikirkan pasar baru  yang akan dirintis, mengalisa akibat dari suatu keputusan dan sebagainya.
  • Decision-Making Skills. Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan membuat alternatif tindakan yang tepat guna mengatasi hal tersebut. jika banyak alternatif, maka dia harus bisa mengevaluasi mana alternatif yang terbaik, yang kurang beresiko. Selanjutnya dia mengatur pelaksanaannya dan mengawasi sehingga keputusan dapat dilaksanakan secara efektif.
  • Time Management Skills. pemakaian waktu secara efisien merupakan masalah pelik yang dihadapi oleh eksekutif. Banyak tamu ditolak dem4ari alasan tak ada waktu, apalagi tamu yang tidak pentine. Sebenarnya setiap tamu adalah pent ing, dan harus dilayani. Tapi munek in tidak perlu senitr dilayani oleh manajer, bisa didelegasikan kepada orang lain, wakil, atau sekertaris. Atau lebih dulu tam unya ditanya, kira-kira apa keperluannva, sebabmungkin dia bisa dilayani secara cepat, tidak membutuhkan waktu lama. Ini akan mengurangi antrian tame. Kehijakan ini akan meningkatkan citra tamu terhadap layanan eksekutif yang memupul; kesan baik terhadap perusahaan.

Masalah lain ialah kebanyakan waktu manajer habis untuk membaca surat masuk, bagaimana membalasnya. ini semua memerlukan keterampilan, bisa membaca cepat. Keterampilan membaca cepat bisa dilatih dengan membaca bukan dari samping kiri ke kanan, tapi memhaca dari atas ke bawah. artinya tak perlu semua teks dibaca, tapi cukup intinya saja. Kemudian catatan inti jawaban, seterusnya diproses oleh sekretaris.

Eksekutif juga sering diganggu oleh telepon, atau handphone. Mengatasi masalah ini juga memerlukan seni tersendiri, misalnya dengan menyeleksi telepon yang masuk dan berbicara seperlunya.

Hal lain yang banyak menghabiskan waktu eksekutif ialah rapat. Rapat dilakukan hampir tiap hari dan menghabiskan waktu berjam-jam. Untuk mengurangi permasalahan ini maka para eksekutif harus mempertimban elan apakah rapat itu memang sangat perlu. Jika tidak perlu sekali. rapat ditiadakan. dan keputusan diambil olehbeberapa orang yang representatif saja, kemudian hasil keputusan dikomunikasikan/diinformasikan. juga sebelum rapat. hendaknya sudah ada konsep apa yang akan dibicarakan, dan kira-kira keputusan yang bagaimana yang direncanakan. Rancangan ini tidak mutlak, tapi hanva sebagai wacana untuk dibicarakan. qengan jalan itu waktu bisa dihemat, tidak terlalu banyak waktu terbuang mencari alternatif, dan akan lebih suiic lagi memilih altematif, karena semua orang inein mempertahankan pendapatnya. Tapi jika sudah ada guideline, asal tidak terlalu mertyimpariz• maka peserta rapat akan segera menyetujuinya. Pimpinan rapat hams panda’ mengarahkan rapat, tidak membiarkan peserta melantur bicara pada hal-hal diluar agenda rapat, dan cepat ambil kesimpulanl keputusan jika pandangao peserta rapat sudah mengarah ke arah yang sama.


Mutu perilaku seorang eksekutif yang baik

Perilaku yang harus dimiiiki oleh eksekutif ada dua yaitu managerial traits dan personal traits.

Managerial traits ialah:

1.       Mengerti bagaimana proses manajemen dan mengapa demikian

2.       Mengerti tentang pengaruh sostal, ekonomi, dan politik terhadap bisnis

3.       Memiliki keterampilan konseptual untuk mengambil keputusan.

4.       memiliki apresiasi tentang tanggung jawab bisnis terhadap pen ingkatan kemakmuran masyrakat.

5.       Pengetahuan tentang bagaimana pentingnya menjaga hubungan balk dengan seluruh orang dalam perusahaan.

6.       Apresiasi tentang perlunya training dan pendidikan untuk meningkatkan hasil pekerjaan.

Adanya managerial traits di atas tidak menjam in menjadikan seseorang sebagai eksekutif yang kompeten. Oleh sebab itu perlu ditambahkan per-. sonal traits seperti herikut:

1.       Kemannpuan memimpin orang lain.

2.       Keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain.

3.       Kemauan untuk mendengar pendapat orang lain, dan tetap dengan pikiran terhuka mendengar sampai semua fakta terungkapkan.

4.       Keinginan menerima tanggung jawab

5.       Pendekatan yang dinamis terhadap ide, baik ide Baru maupun ide lama.

6.       Menjaga moral tinggi dan etika.

7.       Kemampuan berkomunikasi secara efektif, baik dalam bentuk tertulis maupun bentuk lisan.

8.       Memiliki stahilitas emosional, pada setiap saat, tanpa melihat apapun tekanan yamg datang dari luar.

Untuk melaksanakan personal qualities ini terhadap pelaksanaannya, dalam bisnis, maka seorang eksekutif hams:

1.     Mencurahkan perhatian terhadap masalah besar dan menugaskan hal hal kecil / kepada bawahannya.

2.     Mau mendelegasikan tugas yang dapat dilaksanakan oleh orang lain

3.     Mendasarkan pengambilan keputusan kepada fakta dibandingkan dengan prasangka atau terka-terka

4.     Respek terhadap pendapat orang lain dan mints saran-saran.

5. Mengkomunikasikan keputusannya kepada sen-ua orang yang berhubungan dengan dia.

sumber : pengantar bisnis (DR Bachri Alma)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

apa itu eksekutif - Apa yang dimaksud eksekutif - apa yang dimaksud dengan eksekutif - maksud eksekutif - pekerjaan eksekutif - apa arti eksekutif - apa maksud eksekutif - apa yang di maksud eksekutif - apa yang di maksud dengan eksekutif - yang dimaksud eksekutif - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats