Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

cara mencegah penyakit Virus Kuning pada Cabai

Posted on | May 24, 2011 | No Comments

penyakit virus kuning pada cabai

berikut ini cara mencegah penyakit Virus Kuning agar tidak meluas yaitu :

Pertama:
melakukan sanitasi lingkungan dengan membersihkan gulma agar tidak menjadi inang bagi virus, apabila sudah ada tanaman yang terserang selayaknya dicabut kemudian tanaman yang sakit dibakar agar tidak menular ke yang lain.
Kedua:
melakukan upaya  preventif dengan penggunaan benih tahan virus kuning, penggunaan benih yang tahan virus kuning akan  meminimalisir  serangan virus.
Ketiga:
langkah mengendalikan penyakit dengan kultur teknik dan vektornya, tindakan ini dilakukan dengan cara treatment benih direndam kedalam  air hangat bersuhu 500 C selama  satu jam serta upaya isolasi pesemaian.
Keempat:
penggunaan mulsa plastik  guna menekan pertumbuhan gulma menjadi inang bagi virus penyebab penyakit kuning. mesti biayanya mahal tetapi manfaatnya  seimbang dengan hasilnya disamping pemakian mulsa akan menghemat biaya penyiangan.
Kelima:
pengendalian hama terpadu dengan upaya pemanfaatan musuh alami seperti Monochilus sexmaculatus, dengan pathogen Beauveria bassiana guna mengendalikan virus kuning. Hal ini dilakukan agar cost dapat ditekan sekaligus sebagai efektifitas pengendalian OPT.
Keenam:
penggunaan insektisida nabati, insektisida nabati sangat murah dan mudah cara pembuatan disamping resiko akan residunya rendah.
Ketujuh:
penanaman border (tanaman pembatas) seperti penanaman tanaman jagung 5-6 baris, tumpangsari cabe kubis atau cabai tomat (BPTP, 2008).

sumber : http://www.magelangkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=231%3Apenyakit-virus-kuning-pada&catid=83%3Aartikelpertanian&Itemid=221

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

virus cabe - pencegahan penyakit kuning - virus kuning pada cabai - cara mengatasi penyakit cabe - cara mencegah penyakit kuning - pengendalian virus kuning cabe - cara pencegahan penyakit kuning - virus kuning cabe - pencegah penyakit kuning - Penyakit Virus Kuning Pada Cabe - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats