Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Sejumlah PTN Studi Banding ke RS Unhas

Posted on | January 31, 2011 | No Comments

Sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta bersama Tim Health Professional Education Quality (HPEQ), Tim Rumah Sakit Pendidikan Pendidikan Nasional, dan Tim Proyek Islamic Decelopment Bank (IDB), Minggu (30/1) mengadakan peninjauan dan studi banding ke Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (RSUH). Di dalam rombongan tersebut terdapat Kabag Perencanaan Dikti Dadang Sudaryanto, Kasubdit Program dan Evaluasi Dit Belmawa Dikti Endang Hendrawati, dan Executive Secretary HPEQ Dr.dr.Arsitawati

Direktur Utama Rumah Sakit Unhas Prof.Dr.dr.Syamsu, Sp,PD, KAI, menjelaskan, kunjungan rombongan berjumlah 51 orang idari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta tersebut dimaksudkan untuk melihat RS Unhas yang sudah dapat langsung operasional dengan dukungan dana yang belum memadai. Sementara, beberapa perguruan tinggi lain yang sudah memprogramkan rumah sakit sejenis meski memiliki dana yang cukup belum dapat beroperasi.

Rektor Unhas Prof.Dr.dr.Idrus A Paturusi kepada tamunya menjelaskan, RS Unhas tidak hanya diperuntukkan bagi proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran, tetapi juga mencakup seluruh fakultas di Unhas. Ia mencontohkan keterlibatan sejumlah unsur tenaga pendukung yang tidak mungkin ditangani oleh lulusan Fakultas Kedokteran.

‘’RS Unhas kini didukung 90 dokter spesialis, 61 calon pegawai negeri sipil, perawat dan tenaga kontrak dengan total 243 orang,’’ kata Idrus yang didampingi wakil Rektor II, III, dan IV dan Dekan Fakultas Kedokteran Irawan Jusuf berikut sejumlah Wakil Dekan.

Direktur Program Pendidikan Klinik RS Unhas dr.A.Syahrir Passinringi, M.S menjelaskan, tahun lalu Unhas memberikan dana Rp 5 milyar melalui Fakultas Kedokteran guna memutar kegiatan operasional ini.

‘’Tahun ini dikucurkan Rp 12,7 miliar,’’ sebut Syahrir Passinringi.

Saat ini, katanya, mulai diproses pencapaian ISO dan ISI. Guna menciptakan atmosfir akademik disiapkan sarana dan prasarana akademik yang memadai, antara lain dengan penyediaan komunikasi online.

Antara Januari hingga September 2010 tercatat 219 kunjungan yang diterima di rumah dengan penghasilan Rp 226 juta. Biaya operasional sudah diberikan namun belum optimal.

Masalah yang dihadapi adalah sumberdaya manusia yang masih terus berproses, peralatan yang belum lengkap, dan fasilitas lainnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof.dr.Irawan Jusuf, Ph.D. mengatakan, dalam menyelenggarakan pendidikan dokter dibutuhkan tenaga sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, dan manajemen. Selama ini pendidikan dokter dilaksanakan bekerja sama dengan RSUP Wahidin Sudirohusodo. Secara historis, pendidikan dokter di Makassar bekerja sama dan menggunakan seluruh rumah sakit di Makassar, Maros, dan Parepare sebagai tempat pendidikan dokter.

Yang membedakan, rumah sakit pendidikan dengan rumah sakit nonpendidikan adalah, kesatu, rumah sakit pendidikan diarahkan untuk melaksanakan riset, sementara pada rumah sakit nonpendidikan praktik riset tidak dapat berjalan. Kedua, seluruh tenaga pelayanan kesehatan berlangsung bersama-sama karena menuntut interprofesional. Ketiga, sejak tahapan akademik dan profesi sudah melibatkan klinik. Keempat, di rumah sakit nonpendidikan aspek manajemen dan pelayanan tidak nyambung. Di rumah sakit pendidikan pendidikan unsur ini harus nyambung. Kelima, rumah sakit pendidikan selain tempat pembentukan tenaga kesehatan yang benar, berkarakter, dan bermoral, tidak hanya memiliki kompetensi.

RS Unhas memiliki visi menjadi pelopor tepercayaa dalam memadukan pendidikan, penelitian, dan pemeliharaan kesehatan yang bertataf internasional Misinya; menciptakan tenaga kerja professional yang berstandar internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pemeliharaan kesehatan. Menciptakan lingkungan akademik yang optimal untuk mendukung pendidikan, penelitian, dan pemeliharaan kesehatan. Melakukan pemeliharaan kesehatan secara terpadu dengan pendidikan dan penelitian yang berstandar internasional tanpa melupakan fungsi social. Mengembangkan jejaring dengan rumah sakit lain baik regional maupun intern.

Hingga saat ini, RS Unhas memberikan layanan 24 jam untuk apotek, ambulans, emergensi, laboratorium radiologi, dan ruang operasi. Poliklinik spesialis yang ada: bedah ortopedi, bedah urologi, bedah anak, bedah saraf, bedah digestif, bedah plastik, bedah ongkologi, dan bedah thorax. Nonbedah, mata, THT, penyakit dalam, saraf+EEG, obsgyn, anak, gigi, jiwa, dan paru. Layanan unggulan: bayi tabung, trauma center, cancer center, kesehatan mata, saraf dan neurointervention center, diagnostik dini, dengan biomolekuler.

sumber : http://unhas.ac.id/index.php/news/1/417-sejumlah-ptn-studi-banding-ke-rsuh

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

www rs unhas ac id/lowongan php - proposal studi banding rumah sakit - studi banding rumah sakit - contoh proposal study banding ke rumah sakit - proposal studi banding ke rumah sakit - contoh proposal study bandingrumah sakit - contoh proposal studi banding rumah sakit - lowongan kerja rumah sakit pendidikan unhas - proposal study banding rumah sakit - contoh proposal studi banding universitas - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats