Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

cara mudah memperbaiki mesin air pump (pompa udara) aquarium

Posted on | January 26, 2011 | 2 Comments

semalam ponakan dirumah ngambek.. “kak aquarium nnya rusak tidak ada gelembung udara yang keluar lagi” ikannya nanti mati karena tidak bernapas..

mendengarnya saya sendiri saya hanya tersenyum lebar… he he he maklum lah anak umur 3 tahun.. semua yang diucapkan asal ngomong dan polos… sepolos yang ia ketahui..

setelah saya cek, wah mesin air pump nya On tapi tidak ada udara yang keluar, insting ngoprek muncul hehee… en buat anaknhas yang mengalami hal yang sama menyimak sedikit trik memperbaiki air pump aquarium.

sejauh yang saya ketahui fungsi pompa yang berada didalam air pump menggunakan magnet yang di induksi oleh sebuah transformator kecil untuk menggerakkan menanisme pompa yang berada di dalam Air pump. mekanisme ini jarang rusak, yang sering rusak adalah katup udara yang berada didalam pompanya,

katup udara ini terbuat dari bahan karet, yang memang dalam usia pemakaian tertentu akan sobek, dan tentunya pada saat katup ini sobek daya dorong udara dari pompa pasti akan turun drastis.. bahkan tidak ada udara yang keluar.

oke kita siap kan alat dan bahan kerja..

pertama.. alat alat kerja… obeng, gunting, dll

yang kedua bungkus bekas makanan ringan.. (lah ini untuk apa?? hehe ntar kita lihat fungsinya)

kemudian bongkar air pump nya

nah gambar diatas sudah kelihatan dengan jelas bentuk pompa karetnya, kita tidak usah mengutak ngatik yang lain, cukup keluarkan bagian tempat katup pompa udaranya seperti gambar dibawah

perhatikan, ada karet hitam yang menahan katup karet yang berada didalam pompa tersebut

tampak atas

tampak bawah

nah cungkil karet penahan katup tersebut dengan menggunakan obeng, hati hati jangan sampai katup nya tambah rusak. perhatikan yang merah dibawah adalah katup nya yang berbahan karet, kebetulan punya ponakan ku katup nya dah sobek (sobek nya tidak kelihatan karena saya rapatkan ke bentuk aslinya)

nah, ini kesulitanya karena dimana kita mau mencari bahan karet yang tipis seperti katup tersebut? solusinya dengan menambalnya dengan bahan anti air… alias plastik heheh. maka digunakan lah tadi bungkus bekas makanan ringan diatas.

kita gunting bungkus makanan ringan tersebut sesuai pola bentuk karet katupnya

hasil setelah di gunting… (ya meskipun tidak terlalu pas tapi mendekati bentuknya)

selanjutnya tempatkan kembali katup karet tersebut di tempatnya semula dengan posisi plastik bekas makanan ringan berada di paling bawah menutupi lobang katup

setelah itu pasang kembali karet penahan katup nya

nah setelah itu rakit kembali tabung nya, uji coba dulu tekanannya sebelum semua penutup airpum nya dipasang. setelah itu air pump aquariumnya siap digunakan kembali.. he he he…

saya sendiri tidak tahu persis, apakah ada spare part khusus untuk mengganti membran katup karet itu karena bentuknya sangat kecil dan tipis. tapi paling tidak sudah bisa diatasi dengan bungkus bekas makanan ringan.

nah, bagaimana anakunhas? tertarik untuk mencoba?

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

pompa udara aquarium - cara memperbaiki pompa aquarium - memperbaiki pompa aquarium - pompa udara akuarium - cara memperbaiki mesin air - cara memperbaiki pompa air akuarium - cara memperbaiki mesin pompa air - pompa aquarium - cara kerja pompa aquarium - gelembung udara aquarium - 

Comments

2 Responses to “cara mudah memperbaiki mesin air pump (pompa udara) aquarium”

  1. muslim
    February 26th, 2014 @ 12:49 pm

    gan..gimana klok listiknya gak nyambung karena kerendam air …..
    mohon arahannya….

  2. anakunhas
    March 4th, 2014 @ 5:22 pm

    ganti baru…

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats