Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

cara mengcopy text dari google book

Posted on | December 20, 2010 | 1 Comment

ya, melanjutkan postingan sebelumnya mengenai bagaimana mendownload buku dari google book

nah timbul pertanyaan bagaimana cara mengcopy paste isinya agar bisa kita masukkan ke file microsoft word atau akan kita translate isinya. karena hasil download dari google book dengan cara saya sebelumnya berbentuk file gambar dengan extension *.png

yang jelas pastinya kita kesulitan untuk mengcopy paste tulisan dari gambar tersebut karena file sumbernya memang sudah dalam bentuk gambar.

tapi cara yang akan saya uraikan berikut ini adalah bagaimana menguraikan file gambar tersebut hingga file text atau tulisannya bisa kita copy paste.

okay kita mulai ;

pertama tama yang perlu kita persiapkan

1. laptop dengan os windows xp (kebetulan memang cuman itu punya saya hehe)
2. software scansoft pdf converter yang sudah terinstal di laptop(kebetulan yang saya pakai adalah software bajakan versi 4 untuk windows XP )
3. software irfan view yang sudah terinstall di laptop

software irfan view nantinya akan kita gunakan untuk mengcovert file buku ber extension *.png ke format *.jpg. program Ms Paint sebenarnya bisa juga kita gunakan tapi ada kelemahan dimana kita harus melakukan konversi file satu persatu. berbeda dengan software irfan view kita bisa melakukan konversi file *.png ke Jpg sekaligus dengan fasilitas batch conversion nya.

software scansoft pdf converter adalah software yang nantinya akan melakukan konversi dari file *.jpg ke format *.pdf dan dari file *. pdf yang dihasilkan dari software tersebut kita konversi lagi ke format Ms Word.

aneh? ndak percaya? mari kita buktikan kehebatan kolaborasi dua software ini.

okay kita mulai langkah langkahnya

1. file yang sudah kita download dari google book (file contoh yang saya ulas di posting sebelumnya ) adalah bentuk gambar dengan extension *.png
kurang lebih tampilannya seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

2. selanjutnya kita buka program irfan view nya ; klik menu file dan pilih batch conversion

(klik gambar untuk memperbesar)

setelah di klik akan muncul tampilan seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

3. add file *.png yang akan di konversi ke format jpg. pastikan opsi “use advanced options” di nonaktifkan agar hasil konversi dari file *.png ke *.jpg ukuran besar filenya tetap sama. ini penting karena jika ukuran file *.jpg nya kecil maka pengambilan text nya akan sulit.

4. blok semua file yang akan di konversi dan klik add. atur output directorinya ke c:tes (ini hanya contoh saja nanti anda bisa menetukan sendiri output foldernya )tampilannya seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

5. klik start untuk memulai proses konversi, jika berhasil akan ada menu confirmasi “batch conversion successful” tampilannya akan seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

6. setelah itu kita langsung ke folder c:tes untuk mengecek result dari hasil konversi file

(klik gambar untuk memperbesar)

7. nah pada step ini kita sudah selesai mengconversi beberapa halaman file buku dari google book ke format *.jpg, selanjutnya file *.jpg tersebut kita konversi lagi ke bentuk *.pdf dengan software scan soft pdf converter. dalam hal ini agar tidak menyita waktu saya hanya menggunakan 1 file saja.

8. klik kanan salah satu file jpg di folder c:tes, klik kanan file “68″, create pdf from file kemudian pilih opsi standard quality. kurang lebih tampilan seperti gambar di bawah ini


(klik gambar untuk memperbesar)

9. selanjutnya akan ada menu konfirmasi untuk melakukan saving terhadap file tersebut, agar tidak membingungkan kita atur saja saving file nya tetap ke folder c:tes

(klik gambar untuk memperbesar)

10. setelah tombol save di klik maka scan soft pdf converter akan mulai melakukan konversi dari file *.jpg ke *.pdf, jika berhasil tampilannya akan seperti berikut

klik gambar untuk memperbesar

11. perhatikan di folder c:tes sudah ada file 68.pdf yang muncul.

12. langkah selanjut nya kembali klik kanan file 68.pdf di folder c:tes kemudian pilih “convert” pdf dan pilih opsi “as document to microsoft word” tampilannya seperti berikut.

(klik gambar untuk memperbesar)

13. pada saat proses konfersi dari *.pdf ke *.doc (ms Word) tampilannya seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

14. setelah proses konversi selesai langsung cek ke folder my document karena default output dari software scan soft pdf converter memang ke folder my document. coba buka file tersebut dan tampilannya seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

nah selesai sudah perjalanan panjang konversinya. pada saat file sudah dalam bentuk *.doc (ms Word anda sudah bisa melakuan edit dan sebagainya bahkan jika perlu anda bisa copy paste tulisan tersebut ke google translate untuk melakukan translasi terhadap isinya.


sedikit review
:
proses ini memang sangat panjang dan ya kalo bisa dibilang lumayan ribet karena kita harus melakukan konversi satu persatu terhadap file *.jpg ke *.pdf kemudian ke *.doc (microsoft word). jika seandainya ada software yang bisa mendownload dari google book langsung dalam bentuk file pdf maka proses konfersi ke file microsoft word akan lebih singkat tentunya. sementara ini saya masih mencoba cara lain jika ada akan coba saya ulas di postingan yang lain

bagaimana? anakunhas tertarik untuk mencoba?

.

UPDATE 22 DESEMBER 2010

wah ternyata setelah mencoba sendiri trik diatas ada beberapa kendala :

1. ribet karena konversi format jpg ke pdf harus dilakukan satu persatu
2. ada beberapa jenis buku yang memiliki proteksi khusus sehingga pada saat di convert dari jpg ke pdf hasilnya selalu rusak (kita harus menggunakan irfan view versi terbaru)

okay kita bahas solusinya berdasar pengalaman saya

pertama-tama download irfan view versi terbaru

setelah irfan view di download maka langsung anda install.

kemudian jalankan software irfan view anda. klik batch conversion

ubah metode saving batch conversion ke format EMF (Enhanced Windows Metafile) jadi dalam hal ini kita merubah format gambar buku dari *.png ke format *.emf (bukan lagi ke jpg)

lihat stepnya dari 1 sampai seperti gambar dibawah ini

tampilan irfan view versi 4.28 (klik gambar untuk memperbesar)

1. tentukan format outputnya dalam bentuk EMF
2. pastikan opsi use advanced option tidak aktif
3. tentukan output foldernya
4. select file yang akan anda convert lalu klik add all
5. jalankan proses konversi dengan meng klik start batch

result file ber ekstensi emf akan keluar di folder yang anda tentukan sendiri.

nah sekarang kita lanjut. buka folder dimana file emf yang sebelumnya anda set sebagai tempat output konversi file.

select seluruh file dengan extensi emf yang berada di folder tersebut, klik kanan dan satukan semua file tersebut menjadi file pdf dengan meng klik opsi “combine file as one pdf” kemudian pilih opsi “standard quality” seperti pada gambar dibawah ini

(klik gambar untuk memperbesar)

setelah anda mengklik opsi standar quality maka akan ada window yang muncul, disitu kita klik tombol proses seperti pada gambar :
1. klik tombol proses
2. tentukan folder dimana file pdf akan disimpan
3. beri nama file pdf anda
4. klik save

(klik gambar untuk memperbesar)

setelah file pdf jadi kita lanjut ke proses konversinya ke format *.doc (ms Word)

jalankan program scan soft pdf converter

(klik gambar untuk memperbesar)

1. klik tombol proses pdf seperti pada gambar diatas, kemudian pilih microsoft word
2. tentukan folder output file hasil konversi
3. beri nama file
4. pastikan opsi save as adalah microsoft word
5. kemudian pilih tombol save

proses konversi akan berjalan, tampilannya seperti berikut

(klik gambar untuk memperbesar)

setelah proses selesai maka sebuah file word akan mucul di folder yang kita tentukan sebelumnya. nah dari microsoft itu file wordnya sudah dapat di copy paste.

ulasan tambahan :

  1. cara update ini lebih menguntungkan, karena sifatnya lebih pendek, proses penggabungan file halaman dimulai semenjak proses hasil konversi ke file EMF selesai.
  2. usahakan sebelum di convert ke pdf atur penamaan halaman secara berurut dengan menggunakan angka 1,2 dst, agar pada saat mengkonfersi beberapa file tersebut ke file pdf, file pdf sudah berisi halaman yang berurut.
  3. karena file sudah dalam bentuk sebuah file pdf maka konversinya tidak ribet lagi.
  4. terkadang konfersi file dari PNG ke EMF juga tidak berhasil karena pada saat di convert ke format microsoft word hasilnya masih berbentuk gambar atau berbentuk text box. untuk itu kita lakukan konversi ulang saja, jika tidak bisa ke format EMF coba ke format JPG atau yang lain.

demikian. bagi rekan rekan yang sudah tahu dan mengerti cara ini silahkan menggunakannya dengan bijak, gunakan lah cara ini untuk kepentingan pribadi saja bukan untuk melakukan proses pembajakan massal. ingat membajak sama saja dengan tidak menghargai hasil karya orang lain.

selamat mencoba…

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

cara mengcopy google book - cara mengcopy dari google book - cara mengcopy google books - cara copy paste google book - cara mengkopi google book - cara copy paste dari google book - cara mengcopy tulisan di google book - cara copy google book - cara copy paste google books - cara copy dari google book - 

Comments

One Response to “cara mengcopy text dari google book”

  1. lulu
    May 16th, 2014 @ 2:47 am

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats