Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

lampu hemat energi (lhe) rakitan model gantung

Posted on | May 1, 2010 | 8 Comments


kemarin sempat browsing-browsing lagi di om gugel masalah lampu hemat energi dan akhirnya ketemu link ini

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/01/11/ngoprek-lampu-hemat-energi-lhe/

terus terang saya tertarik dengan artikel tersebut berhubung dirumah banyak lampu lhe mati yang belum saya buang. mesti dicoba neh tipsnya. yah lumayan lah dengan sedikit pendanaan yang murah meriah lampu lhe mati tersebut bisa difungsikan kembali

okay kita langsung saja siapkan bahan bahannya.

pertama beli lampu TL 10watt dalam ujicoba ini pake lampu TL 10watt dari p*illips, harga lampunya murah, Rp. 6000, saja

lampu TL 10watt

kedua menyiapkan lampu lhe yang sudah mati, dalam hal ini ternyata saya mendapat pengalaman baru untuk lampu lhe yang merk c*na rata rata semua nya bisa saya buka cangkangnya tidak lebih dari 1 menit. sekali congkel langsung terbuka.

lampu lhe rusak

tapi untuk lampu lhe yang bermerek wah minta ampun untuk membukanya, cangkangnya sangat keras, saya sendiri butuh waktu 30 menit untuk membukanya sampai sampai cangkang lampunya hancur hancuran kiri dan kanan.

dalam hal ini saya memilih menggunakan lampu lhe 15watt yang bermerk karena saya yakin kualitas komponen komponen yang ada didalamnya lebih tahan.

lampu lhe bermerk

nah lihat sendiri kan bekas cungkilannya…. hancur….

bekas bekas pembukaan paksa

setelah cangkang nya terbuka kita langsung saja solder kabel kabel penghubung ke lampu TL seperti gambar berikut

alur diagram lhe

setelah disolder…

penampakan setelah kabel2x disolder

penutup cangkang lampunya dipasang kembali sebagai pengaman terhadap rangkaian elektroniknya, sekaligus tempat penahan kabelnya.

pemasangan tutup cangkang lhe

kemudian solder langsung dilampu neon nya

penampakan setelah kabel di solder di lamput tl

nah setelah selesai saya melakukan uji coba awal untuk lampu tersebut dan hasilnya ….

tada…………..

test uji coba nyala

eeeh baru saja di uji coba nyala.. mama langsung nyeletuk

“kan lampu nya sudah jadi, sekalian saja pasang didapur, karena lampu didapur mati”

ha ha ha… lampu baru test dah langsung mo dipake, ya apa boleh buat dari pada gelap gelapan mending pasang lampu rakitan sendiri.

ya mau diapa lagi meskipun modelnya hancur habis yang penting berfungsi dan bisa digunakan dulu, ntar lain waktu di permantap model lampunya.

penampakan waktu digantung

he he he… jadilah lampu hemat energi (lhe) rakitan model gantung…

tapi setelah dipasang ternyata ada kelemahan baru saya ketahui dari lampu tersebut. ternyata dengan posisi lampu seperti itu memiliki titik remang disebelah kiri dan kanannya. (kalo anak unhas jurusan elektro pasti tahu neh yang belajar sistem iluminasi)

nah jika seandainya posisi lampu berdiri tegak vertikal mungkin bias cahayanya akan memenuhi semua ruangan. hmn… bisa dicoba lain kali…

oke anak unhas? bagaimana dengan anda? tertarik untuk mencoba?

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

skema lampu hemat energi - cara memperbaiki lampu hemat energi - service lampu hemat energi - memperbaiki lampu hemat energi - rangkaian lampu hemat energi - servis lampu hemat energi - lampu lhe - cara service lampu hemat energi - rangkaian lampu neon - antena tv rakitan - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats