Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

PEMBENTUKAN KARAKTER

Posted on | January 29, 2010 | No Comments

“Karakter bukanlah warisan. Dia dibangun hari demi hari dengan pikiran dan tindakan, teruslah berpikir dan bertindak.”
(Helen C. Douglas)

Serumpun bambu tumbuh di kebun seorang petani. Pagi itu sang petani datang dan melihat sebatang bambu yang lebih tinggi dari yang lainnya. Ia berkata pada bambu tersebut, “Bambu, saatnya telah tiba bagiku untuk memakaimu.”

“Oh, silakan Tuan. Saya bersedia Tuan pakai menjadi apa saja yang Tuan kehendaki.” Jawab sang Bambu.

“Tetapi agar Engkau dapat digunakan, saya harus menebangmu terlebih dahulu.”

“Apa? Menebangku? Bukankah diantara semua bambu disini sayalah yang paling tinggi dan terlihat paling indah jika ditiup angin?”

“Benar, tetapi kalau tidak menebangmu, aku tidak akan bisa memakaimu dengan maksimal.”

Setelah berpikir sejenak, Bambu itu berkata, “Baiklah Tuan, tebanglah aku.”

“Tetapi bukan hanya itu saja. Saya harus memotongmu dan daun-daunmu agar engkau dapat digunakan sesuai tujuanku.” Kata Petani itu.

“Belum cukupkah Tuan menebang saya sehingga harus memotong batang dan daun-daunku?”

“Kalau tidak begitu, aku tidak bisa menggunakanmu.”

“Baiklah kalau demikian.”

“Tetapi, masih ada satu lagi.” Ruas-ruasmu itu menghalangiku. Jadi aku harus mengeluarkan tulang-tulang yang ada di ruas-ruasmu.”

Sambil tertunduk si Bambu berkata, “Lakukanlah apa yang Tuan pandang baik.”

Petani yang empunya kebun itu pun menebang bambu tersebut, memotong cabang dan daunnya, serta mengeluarkan tulang-tulang dari dalam bambu tersebut. Kemudian, ia membawa si Bambu ke sebuah sumber air. Ia menjadikan bambu itu sebagai saluran untuk mengaliri tanah-tanah gersang yang ada di kebunnya. Akhirnya, pohon-pohon dan semua tanaman lainnya menjadi subur menghijau.

Seringkali, jika Tuhan ingin memakai diri kita dengan maksimal, kita perlu merelakan diri untuk dikikid dan dibentuk. Karakter, kepribadian, dan sifat – sifat buruk penghalang kesuksesan harus dibuang. Tentu saja hal itu menimbulkan rasa sakit yang dalam. Namun, itulah satu-satunya cara agar kita dapat menjadi pribadi yang berdaya guna. Tuhan menguji kualitas kehidupan kita dengan berbagai cara.
Masalahnya adalah bukan bagaimana cara yang digunakan Tuhan, melainkan bagaimana respons kita terhadap ujian tersebut: apakah kita rela untuk dimurnikan atau sebaliknya, kita memilih untuk tetap berjalan menuju tangga keberhasilan dengan tetap menggunakan karakter-karakter lama yang negatif. Berapa banyak yang ingin dimuliakan tetapi tidak memuliakan orang lain? Kita mengingini hidup sukses dan bahagia tetapi selalu menipu dan menyakiti orang lain. Sepertinya apa yang kita inginkan sangat tidak sepadan dengan apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, biarkan diri kita dibentuk menjasi pribadi yang pantas untuk meraih yang terbaik – yang berasal dari Atas. Sukses untuk Anda!

(Taken From: “Inspirasi 5 Menit” by Imelda Saputra)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

pembentukan karakter - pembentukan bambu - makalah personality development - siakad unhas - Daun korpa - cerita gay terbaru - pembentukan karakter sistem pernapasan - tips tips membuka sifat menipu diri - pembentukan karakter untuk sukses - pembentukan karakter yang berhubungan dengan personality development - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats