Anakunhas

Kuliah, Berkarya, Mandiri, dan Sukses!

Inspirasi hari ini

Posted on | January 30, 2010 | No Comments

JANGAN TERGESA-GESA

“Orang yang tergesa-gesa akan salah langkah”

Suatu hari, seorang pemuda hendak menimba ilmu bela diri kepada seorang guru kungfu. Sang Guru pun menerimanya sebagai murid dengan beberapa syarat. “Setiap pagi engkau harus menimba air dari sungai lalu mengangkatnya ke rumahku yang letaknya diatas bukit.”
Sang pemuda menyetujuinya. Demikianlah, ia melakukan tugas tersebut setiap hari. Ia mengambil air dari sungai dan membawanya dengan dua buah ember. Karena bak air di rumah sang Guru begitu besar, si pemuda harus bolak-balik, naik dan turun bukit, sampai beberapa kali.
Tak terasa tiga bulan berlalu. Si pemuda mulai gelisah, “Mengapa Guru belum juga mengajariku ilmu bela diri. Jangankan jurus-jurus jitu, dasar-dasarnya saja belum pernah dia ajarkan. Masa kerjaku hanya mengangkat air. Sungguh pekerjaan yang tidak berguna.”
Kemudian ia memutuskan untuk mendatanginya gurunya. “Guru, aku sudah mulai lelah dengan tugas yang kau berikan. Setiap hari aku harus bangun pagi-pagi menimba air dan baru beristirahat ketika senja mulai tiba. Kapan Guru akan mengajariku ilmu pamungkas? Kalau begini terus, lebih baik aku berhenti saja!” Katanya sedikit marah.
Sang Guru diam sejenak lalu mengajaknya pergi ke kebun belakang. “Kamu lihat tanaman bambu dan pakis itu?” Katanya sambil menunjuk tanaman yang ada di depannya.
Si Pemuda mengangguk.
“Tanaman bambu dan pakis itu aku tanam dalam waktu yang bersamaan . Ketika pertama kali menanamnya, aku merawat benih-benih itu dengan seksama. Kemudian, pakis-pakis itu tumbuh lebih cepat, warna hijaunya yang menawan menutupi tanah. Tidak ada yang terjadi pada benih bambu. Tetapi aku tidak berhenti merawatnya. Dalam tahun ketiga tetap tidak ada yang tumbuh dari benih bambu, tetapi aku terus saja merawatnya. Begitu juga dengan tahun keempat. Lalu pada tahun kelima tunas kecil tumbuh dari dalam tanah. Dibandingkan dengan pakis, tunas itu kelihatan begitu kecil dan tampak tidak berarti. Namun enam bulan kemudian, bambu ini tumbuh pesat dan tingginya mencapai lebih dari 100 kaki. Dia membutuhkan waktu lima tahun untuk menumbuhkan akar-akarnya. Akar-akar itu membuatnya kuat dan memberikan apa yang dibutuhkan untuk bertahan.”

Sama halnya dengan kita, sang Khalik tidak akan memberikan ciptaan-Nya tantangan yang tidak bisa kita hadapi. Dari semua pergumulan hidup, entah masalah di tempat kerja, rumah tangga, pertemanan, yang tak kunjung berakhir, sebenarnya kita sedang menumbuhkan akar-akar kita. Mungkin hari-hari yang kita jalani tampak tidak berarti seperti apa yang dialami oleh tanaman bambu. Namu, sebenarnya melalui pengalaman dan perjalanan hidup yang kita lalui, kita sedang melatih diri membangun karakter dan fondasi hidup yang kokoh. Mungkin saat ini kita belum melihat apa-apa. Tidak ada sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Tetapi alam semesta ini tidak pernah menyerah pada kita, sama halnya dengan guru kung fu dalam cerita di atas. Dia menunggu, ‘merawat”, “memupuk”, dan “menyiram” kita setiap hari. Percayalah, suatu hari nanti bahkan beberapa tahun ke depan, kita akan tumbuh menjadi pribadi yang unggul bahkan pertumbuhan kita akan melebihi orang-orang biasa lainnya. Your time is come! Yakinilah bahwa jika waktunya tiba, kita akan tumbuh sangat tinggi seperti tanaman bambu tadi. Sampai seberapa tinggi? Itu semua bergantung pada pribadi kita. Karena itu, jangan pernah menyerah dan putus asa dengan keadaan kita. Jika gagal 7 kali, bangkitlah untuk yang kedelapan kalinya. Agar kita pun menikmati jerih lelah kita selama ini. Anda pasti bisa! Berjuanglah!

(Taken From: “Inspirasi 5 Menit” by Imelda Saputra)

-Info Terkait dengan artikel ini-

Topik yang berhubungan:

siakad unhas - cerita gay polisi - jangan tergesa-gesa imelda saputra - 

Comments

Leave a Reply





*

  • Oblong Anakunhas

  • Bantu Anakunhas

    Ini adalah para sahabat anakunhas yang sudah membantu kami. Mau gabung dengan mereka?, ayo bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui Page Like Anakunhas :
  • follow us

  • discalimer-na

    kami persilahkan bagi siapa saja yang akan melakukan copy paste terhadap materi yang ada didalam blog ini, tidak ada copyright di blog ini, blog ini adalah copyleft hehe, maklum sebagian dari content blog ini adalah hasil copy paste juga.

    Silahkan kalau mau copy-paste tulisan-tulisan disini. Silahkan kalau mau nge-link blog ini. tapi sebaiknya jangan mengakui tulisan orang, malu ki nanti kalau ketahuan toh . Supaya tidak dituduh plagiat, jangan lupa selalu sebutkan atau sematkan url sumbernya.

    beberapa materi yang ada dididalam blog ini kami ambil dari beberapa buku yang terkait, tapi dalam hal ini terjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, kenapa? dengan terbitnya kontent buku tersebut, secara tidak langsung kami mempromosikan buku tersebut kepada seluruh pengunjung blog ini yang pas membuka topik buku tersebut yang kami naikkan di blog ini, karena setiap topik yang kami naikkan pasti kami sebutkan sumber buku dan pengarangnya

    ada juga materi yang kami ambil dari majalah tua, tujuannya paling tidak tips-tips yang menarik didalamnya tidak terbuang begitu saja dan bisa menjadi klipping online yang bisa dibaca oleh siapa saja

    karakter UNding & HASan yang banyak digunakan didalam cerita lucu ini hanyalah karakter fiktif belaka, Kata UNding & HASan adalah karakter yang sengaja saya buat dari singkatan UNHAS, jika ada kesamaan cerita lucu diatas mungkin sebuah kebetulan saja sebab semua cerita lucu yang di posting di blog ini hanyalah fiktif belaka.

    okay.. selamat menjelajah…

  • stats